Penelitian ini menggunakan metode penelitian kuantitatif dengan desain penelitian korelasional. Data keterampilan berpikir kritis diperoleh melalui tes, sedangkan data konsep diri dan kecerdasan emosional diperoleh melalui kuesioner. Instrumen penelitian diberikan langsung kepada siswa di kelas. Data dianalisis menggunakan bantuan Microsoft Excel 2019 dan SPSS 25.
Hasil pengujian secara parsial menunjukkan bahwa konsep diri (X1) memiliki hubungan yang positif dan signifikan dengan keterampilan berpikir kritis siswa (Y) dengan kontribusi pengaruh sebesar 46,8%. Sedangkan kecerdasan emosional (X2) memiliki hubungan yang positif dan signifikan dengan keterampilan berpikir kritis siswa (Y) dengan kontribusi pengaruh sebesar 38%.
Hasil penelitian secara simultan menunjukkan bahwa nilai Sig. F Change adalah 0,000, nilai R = 0,726 dan R2 =0,527. Dengan menggunakan nilai signifikansi 0,05 maka Sig. F Change < 0,05, dapat disimpulkan bahwa terdapat hubungan yang positif dan signifikan antara konsep diri dan kecerdasan emosional secara bersama-sama dengan keterampilan berpikir kritis, adapun derajat hubungan 72,6% yang berarti dalam kategori kuat. Lebih lanjut variabel konsep diri (X1) dan kecerdasan emsoional (X2) berkontribusi secara simultan terhadap variabel keterampilan berpikir kritis (Y) sebesar 52,7%.
|