Abstrak  Kembali
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa siswa yang diajar menggunakan metode pembelajaran Collaborative Cooperative learning akan lebih tinggi hasil belajar IPA.Hasil diperoleh bahwa rata-rata prestasi belajar IPA siswa yang diajar metode pembelajaran collaborative cooperative learning (66,25) lebih tinggi dari pada siswa yang diajar metode pembelajaran konvensional (59,50) pada kelompok siswa yang memiliki motivasi tinggi. Berdasarkan hasil tersebut menunjukkan bahwa siswa yang memilki motivasi tinggi akan lebih tinggi hasil belajar IPA nya metode pembelajaran jika guru menerangkan collaborative cooperative learning dari pada diajar metode pembelajaran konvensional. d. Hasil yang diperoleh bahwa rata-rata prestasi belajar muatan IPA siswa yang diajar metode pembelajaran collaborative cooperative learning (60,75) lebih tinggi dari pada siswa yang diajar metode pembelajaran konvensional (58,56) pada kelompok siswa yang memiliki motivasi rendah. Berdasarkan hasil tersebut menunjukkan bahwa siswa yang motivasi rendah akan lebih tinggi hasil belajar muatan IPA nya bila diajar metode pembelajaran konvensional dari pada diajar metode pembelajaran collaborative cooperative learning.