Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa siswa yang diajar menggunakan
metode pembelajaran Collaborative Cooperative learning akan lebih tinggi hasil belajar IPA.Hasil diperoleh bahwa rata-rata prestasi belajar IPA siswa yang diajar metode pembelajaran collaborative cooperative learning (66,25) lebih tinggi dari pada
siswa yang diajar metode pembelajaran konvensional (59,50) pada kelompok siswa
yang memiliki motivasi tinggi. Berdasarkan hasil tersebut menunjukkan bahwa siswa
yang memilki motivasi tinggi akan lebih tinggi hasil belajar IPA nya metode
pembelajaran jika guru menerangkan collaborative cooperative learning dari pada
diajar metode pembelajaran konvensional. d. Hasil yang diperoleh bahwa rata-rata
prestasi belajar muatan IPA siswa yang diajar metode pembelajaran collaborative
cooperative learning (60,75) lebih tinggi dari pada siswa yang diajar metode
pembelajaran konvensional (58,56) pada kelompok siswa yang memiliki motivasi
rendah. Berdasarkan hasil tersebut menunjukkan bahwa siswa yang motivasi rendah
akan lebih tinggi hasil belajar muatan IPA nya bila diajar metode pembelajaran
konvensional dari pada diajar metode pembelajaran collaborative cooperative learning.
|