Abstrak  Kembali
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis adanya pengaruh model pembelajaran Problem Solving dan Konvensional ditinjau dari Motivasi Berprestasi Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas V MI Attarbiyatuddiniyah Cibubur Jakarta Timur tahun ajaran 2019/2020. Dengan Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas IV, V dan VI MI Attarbiyatuddiniyah Cibubur Jakarta Timur. Sampel yang diambil yaitu siswa kelas V berjumlah 60 siswa menggunakan cluster random sampling. Metode penelitian yang digunakan adalah metode eksperimen dengan desain factorial 2x3. Pengumpulan data dilakukan dengan teknik pemberian tes hasil belajar Matematika berupa soal essay dan angket motivasi berprestasi siswa. analisis terdiri dari pengujian instrument selanjutnya dilakukan uji prasyarat analisis dengan uji normalitas dan uji homogenitas. Pengujian hipotesis dengan uji t dan ANOVA ada dua arah. Berdasarkan hasil hipotesis dan analisis data, disimpulkan bahwa: : (1) model pembelajaran Problem Solving memberikan hasil belajar Matematika yang lebih tinggi dibandingkan dengan model pembelajaran Konvensional, (2) pada kategori motivasi berprestasi tinggi hasil belajar Matematika yang mendapat perlakuan model pembelajaran Problem Solving lebih tinggi dibandingkan hasil belajar siswa dengan perlakuan model pembelajaran Konvensional, (3) tidak terdapat pengaruh interaksi antara model pembelajaran Problem vSolving maupun Konvensional dengan motivasi berprestasi terdapat hasil belajar Matematika.