Abstrak  Kembali
Penelitian yang dilakukan ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis studi kasus. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan wawancara mendalam, observasi partisipan dan studi dokumentasi. Analisis data yang dilakukan menggunakan langkah-langkah pengumpulan data, reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Subjek penelitian ini adalah SDS Kartika VIII-1 Jakarta, dan sebagai partisipan sumber data adalah siswa kelas V, kepala sekolah, guru kelas, serta orang tua siswa. Sementara itu, untuk teknik pengabsahan data menggunakan triangulasi sumber dan triangulasi teknik. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) nilai-nilai kearifan lokal etnik Betawi telah diterapkan dalam Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila di SDS Kartika VIII-1 secara terencana sejak awal tahun pelajaran. (2) implementasi nilai-nilai kearifan lokal etnik Betawi sebagai dasar penanaman sikap kepedulian sosial siswa berbentuk pembiasaan secara menyeluruh di SDS Kartika VIII-1 Jakarta dengan memastikan seluruh unsur internal maupun eksternal sekolah terlibat secara konsisten dalam menciptakan lingkungan yang kondusif dan mendukung. (3) faktor yang menjadi tantangan yaitu, latar belakang budaya siswa yang berasal dari suku yang berbeda-beda. Sementara itu, hambatan yang dihadapi adalah masih adanya siswa yang tidak peduli terhadap keadaan sosial dan adanya pergantian guru yang sering terjadi di sekolah tersebut.