Abstrak  Kembali
Kemampuan menyelesaikan masalah melalui representasi memegang peran pentig dalam bersaing di era industri 4.0. Integrasi budaya dalam pembelajaran matematika membantu siswa mengembangkan kemampuan representasi matematika. Tujuan penelitian ini mengembangkan perangkat pembelajaran berbasis etnomatematika si pitung. Penelitian dilakasanakan di SMP Negeri 53 Jakarta dengan melibatkan 32 siswa kelas VII sebagai responden. Penelitian ini menggunan metode Penelitian dan Pengembangan dengan desain Analysis, Design, Development, Impementation, dan Evaluation (ADDIE). Hasil penelitian mengungkatkan bahwa: (1) Perangkat pembelajaran matematika pada materi geometri bangun datar berbasis etnomatematika Rumah Si Pitung valid dan konsisten. Kevalidan perangkat pembelajaran meliputi kevalidan Modul Ajar, Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD), dan instrumen kemampuan representasi matematikadengan indikator verbal, visual, dan simbolik; (2) Perangkat pembelajaran matematika berbasis etnomatematika Rumah Si Pitung dapat meningkatkan kemampuan reprsentasi matematis peserta didik (t = 10,440; df = 31; dan p-value < 0,05). Kemampuan representasi matematika setelah intervensi pembelajaran matematika berbasis etno rumah si pitung tersebut meliputi indikator verbal, visual , dan simbolik; (3) Kepraktisan perangkat pembelajaran matematika di berbasis etnomatematika Rumah Si Pitung ditunjukkan Tingkat kemudahan mengikuti pembelajaran matematika di kelas. Kesimpulan penelitian ini adalah prangkat pembelajaran matematika berbasis etnomatematika umah si Pitung yang dikembangkan valid dan konsisten. Perangkat ini efektif meningkatkan memampuan representasi matematis, dan respon siswa terhadap pembelajaran matematika. Respon siswa umumnya menyatakan bahwa pembelajaran lebih memudahkan belajar melalui LKPD, dalam suasana diskusi kelompok, antusias, dan dapat dapat melakukan gagasan, dan presentasi.