Kemampuan menyelesaikan masalah melalui representasi memegang peran
pentig dalam bersaing di era industri 4.0. Integrasi budaya dalam pembelajaran matematika membantu siswa mengembangkan kemampuan representasi matematika. Tujuan penelitian ini mengembangkan perangkat pembelajaran
berbasis etnomatematika si pitung. Penelitian dilakasanakan di SMP Negeri 53
Jakarta dengan melibatkan 32 siswa kelas VII sebagai responden. Penelitian ini
menggunan metode Penelitian dan Pengembangan dengan desain Analysis, Design,
Development, Impementation, dan Evaluation (ADDIE). Hasil penelitian
mengungkatkan bahwa: (1) Perangkat pembelajaran matematika pada materi
geometri bangun datar berbasis etnomatematika Rumah Si Pitung valid dan
konsisten. Kevalidan perangkat pembelajaran meliputi kevalidan Modul Ajar,
Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD), dan instrumen kemampuan representasi
matematikadengan indikator verbal, visual, dan simbolik; (2) Perangkat
pembelajaran matematika berbasis etnomatematika Rumah Si Pitung dapat
meningkatkan kemampuan reprsentasi matematis peserta didik (t = 10,440; df = 31;
dan p-value < 0,05). Kemampuan representasi matematika setelah intervensi
pembelajaran matematika berbasis etno rumah si pitung tersebut meliputi indikator
verbal, visual , dan simbolik; (3) Kepraktisan perangkat pembelajaran matematika
di berbasis etnomatematika Rumah Si Pitung ditunjukkan Tingkat kemudahan
mengikuti pembelajaran matematika di kelas.
Kesimpulan penelitian ini adalah prangkat pembelajaran matematika berbasis
etnomatematika umah si Pitung yang dikembangkan valid dan konsisten. Perangkat
ini efektif meningkatkan memampuan representasi matematis, dan respon siswa
terhadap pembelajaran matematika. Respon siswa umumnya menyatakan bahwa
pembelajaran lebih memudahkan belajar melalui LKPD, dalam suasana diskusi
kelompok, antusias, dan dapat dapat melakukan gagasan, dan presentasi.
|