Abstrak  Kembali
Masalah utama dalam pembelajaran matematika adalah proses pembelajaran belum maksimal dan guru belum memiliki modul pembelajaran discovery learning. Penelitian ini bertujuan untuk; (1) mendeskripsikan e-modul discovery learning pada materi Fungsi Komposisi dan Invers untuk siswa kelas X SMA/MA; (2) Memperoleh e-modul discovery learning pada pada materi Fungsi Komposisi dan Invers untuk siswa kelas X SMA/MA yang telah memenuhi kriteria kelayakan; (3) Mengetahui respon guru dan siswa setelah menggunakan e-modul discovery learning dalam perspektif berpikir kreatif matematis siswa pada materi Fungsi Komposisi dan Invers. Penelitian ini merupakan penelitian Reseach and Development. Model pengembangan modul yang digunakan adalah model ADDIE. Keempat tahapan tersebut adalah Analisis, design development,implementation dan evaluation yang dikemukakan oleh Dick and Carry. Pengembangan modul ini dinilai berdasarkan: 1) 3 validator ahli (materi, bahasa dan media), 2 guru matematika, 2 teman sejawat, 2) sampel uji coba terbatas sejumlah 10 siswa kelas X SMA Al Muslim, dan 3) sampel uji luas berjumlah 20 siswa kelas X IPA 2 SMA Al Muslim. Pengumpulan data penelitian menggunakan angket analisis kebutuhan (guru dan siswa), lembar validasi, angket respon siswa dan wawancara terstruktur serta soal tes keterampilan berpikir kreatif matematis siswa. Analisis data yang digunakan pada tahap Analisis adalah analisis data deskriptif dari hasil analisis kebutuhan, selanjutnya pada tahap Design Development adalah dengan menganalisis KD dan indikator pencapaian untuk menentukan desain awal modul, sedangkan pada tahap Implementasi untuk data hasil validasi dianalisis dengan menggunakan nilai cut off yang dikonversi menjadi kategori kualitas dengan pedoman skor skala 5. Data keterampilan berpikir kreatif matematis siswa dianalisis dengan perhitungan N- gain. Tahap Evaluation menggunakan nilai cut off yang dikonversi menjadi kategori kualitas dengan pedoman skor skala 5. Hasil penelitian sebagai berikut: (1) modul matematika discovery learning untuk meningkatkan perspektif berpikir kreatif matematis siswa memiliki ciri yaitu langkah pembelajaran pada modul memuat langkah pembelajaran discovery learning yang mengintegrasikan perspektif berpikir kreatif matematis siswa pada setiap tahapnya; (2) modul dikategorikan layak karena telah melalui uji kelayakan dari ahli (materi, bahasa, media), guru matematika, dan teman sejawat dan didukung oleh perhitungan cut off yang menunjukkan bahwa nilai rata-rata (84,2) lebih besar dari nilai cut off (83,7) dengan kategori layak; (3) respon siswa dalam penggunaan E-modul sangat dimungkinkan, karena siswa diarahkan dalam proses pembelajaran dalam meningkatkan perspektif berpikir kreatif matematis siswa yang ditunjukkan dengan rata rata 41,76 dengan rata rata keidelannya sebesar 83,52.