Tesis ini bertujuan untuk mnegetahui pengaruh media kartu kuartet terhadap
hasil membaca permulaan siswa kelas I SDIT BIC Muntok, untuk mengetahui
pengaruh motivasi belajar terhadap hasil membaca permulaan siswa kelas I SDIT BIC Muntok, untuk mengetahui interaksi antara media kartu kuartet dan motivasi belajar terhadap hasil membaca permulaan siswa kelas I SDIT BIC Muntok. Metode yang digunakan adalah kuantitatif eksperimen yang menggunakan Quasi Experimental Design dengan jenis Non-Equivalent Control Grup. Pada penelitian ini terdapat dua varibael, yaitu media kartu kuartet dan motivasi belajar serta satu variabel terikat yaitu hasil membaca permulaan yakni kelas I Abu Bakar sebagai kelas eksperimen yang menerapkan pembelajaran dengan media kartu kuartet. Sedangkan kelas I Abdurrahman sebagai kelas kontrol yang tidak menerapkan pembelajaran dengan menggunakan media buku tema dan papan tulis. Sampel yang digunakan ada 38 siswa yang terbagi menjadi kelas eksperimen sejumlah 19 dan kelas kontrol sejumlah 19. Teknik analisis data menggunakan Two Way Anova dengan faktorial 2x2. Berdasarkan hasil hipotesis dan analisis data dapat dijelaksan sebagai berikut : Pada hipotesis pertama dihasilkan Fhitung = 10.833 dengan Ftabel = 3.27 dengan db pembilang = 2. Db penyebut = 35 dan taraf signifikan = 0,05. Maka disimpulkan bahwa Ho ditolak dan H1 diterima atau terdapat pengaruh media kartu kuartet terhadap hasil membaca permulaan siswa. Lalu pada hipotesisi kedua dihasilkan Fhitung = 5.620 dan Ftabel = 3.27 dengan db pembilang = 2. Db penyebut = 35 dan taraf signifikan = 0,05. Maka disimpulkan bahwa Ho ditolak dan H1 diterima atau terdapat pengaruh motivasi belajar terhadap hasil membaca permulaan siswa. Kemudian pada hipotesis ketiga, dihasilkan Fhitung = 6.764 dan Ftabel = 3.27 dengan db pembilang = 2. Db penyebut = 35 dan taraf signifikan = 0,05. Maka disimpulkan bahwa Ho ditolak dan H1 diterima atau terdapat pengaruh interaksi antara media kartu kuartet dengan motivasi belajar terhadap hasil membaca permulaan siswa.
|