Abstrak  Kembali
Tesis ini bertujuan untuk pengaruh model pembelajaran collabrative cooperative learning dan motivasi siswa terhadap prestasi siswa pada materi Perubahan energi siswa kelas IV SDN Joglo 09 Jakarta Barat semester 2 tahun pelajaran 2023/2024. Penelitian menggunakan metode Multi Stage Sampling dengan pendekatan desain faktorial 2x2 dengan tiga variabel yang terdiri dari dua variabel bebas, yaitu metode pembelajaran dan motivasi belajar siswa, serta satu variabel terikat, yaitu prestasi belajar IPA. Data yang terkumpul selanjutnya dianalisis menggunakan teknik ANOVA dua jalur. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa siswa yang diajar menggunakan metode pembelajaran Collaborative Cooperative learning akan lebih tinggi hasil belajar IPA.Hasil diperoleh bahwa rata-rata prestasi belajar IPA siswa yang diajar metode pembelajaran collaborative cooperative learning (66,25) lebih tinggi dari pada siswa yang diajar metode pembelajaran konvensional (59,50) pada kelompok siswa yang memiliki motivasi tinggi. Berdasarkan hasil tersebut menunjukkan bahwa siswa yang memilki motivasi tinggi akan lebih tinggi hasil belajar IPA nya metode pembelajaran jika guru menerangkan collaborative cooperative learning dari pada diajar metode pembelajaran konvensional. d. Hasil yang diperoleh bahwa rata-rata prestasi belajar muatan IPA siswa yang diajar metode pembelajaran collaborative cooperative learning (60,75) lebih tinggi dari pada siswa yang diajar metode pembelajaran konvensional (58,56) pada kelompok siswa yang memiliki motivasi rendah. Berdasarkan hasil tersebut menunjukkan bahwa siswa yang motivasi rendah akan lebih tinggi hasil belajar muatan IPA nya bila diajar metode pembelajaran konvensional dari pada diajar metode pembelajaran collaborative cooperative learning.