Komunikasi matematis merupakan bentuk interaksi antara dua orang atau lebih dan merupakan suatu kemampuan yang menyatakan situasi, gambar, diagram atau situasi dunia nyata ke dalam bahasa matematik, simbol, ide, dan model matematika. Komunikasi matematis merupakan bagian terpenting dalam matematika. Hal ini karena komunikasi matematis merupakan cara berbagi ide dan memperjelas pemahaman. Mengetahui pengaruh model cooperative learning tipe jigsaw dan minat belajar terhadap kemampuan
komunikasi matematis siswa Kelas IV SDN Baru 06 Pagi. penelitian kuantitatif dengan metode pretest dan posttest group experiment. Metode ini mengukur variabel dependen pada kelompok eksperimen sebelum diberikan stimulus (pretest), kemudian variabel dependen diukur kembali setelah pemberian stimulus (posttest), tanpa adanya kelompok pembanding. Populasi dalam penelitian ini berpopulasi di SDN Baru 06 Pagi. Penelitian ini memiliki Sampel kelas eksperimen di kelas IV A dengan jumlah 32 siswa dan kelas kontrol di kelas IV 4 dengan jumlah 29 siswa. Teknik analisis data dalam penelitian ini
menggunakan uji t atau uji ANOVA.
|