Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan Disposisi Matematis dan minat
belajat terhadap berpikir kreatif siswa di SMP Terpadu Baitul Hikmah pada
semester ganjil tahun ajaran 2022-2023. Jenis penelitian yang digunakan adalah
penelitian kuantitatif dengan metode yang dilakukan adalah metode survei non
kausal. Teknik pengambilan sampel menggunakan random sampling dari populasi
peserta didik di di SMP Terpadu Baitul Hikmah pada semester ganjil tahun ajaran
2022-2023 di dapat sampel sebanyak 35 siswa. Teknik pengumpulan data
menggunakan instrumen kuisioner dan tes berpikir kreatif. Analisis persyaratan
dengan menguji normalitas data berpikir kreatif siswa menggunakan uji
Kolmogorov-Smirnov. Hasil penelitian menunjukkan hasil hipotesis pertama tidak
terdapat hubungan yang signifikan antara disposisi matematis dengan berpikir
kreatif, yang ditunjukan dengan besarnya hasil koefisien korelasi antara Disposisi
matematis dengan berpikir kreatif siswa diperoleh signifikansi 0,023 lebih kecil dari
𝛼 = 0,05 atau 0,023 < 0,05, berarti terdapat hubungan yang signifikan antara
disposisi matematis terhadap berpikir kreatif. Besarnya koefisien korelasi 0,049
yang berarti memiliki derajat hubungan yang sangat rendah. Disimpulkan bahwa
terdapat hubungan yang signifikan antara disposisi matematis terhadap berpikir
kreatif siswa yang memiliki besar hubungan sangat rendah. Hipotesis kedua
terdapat hubungan yang signfikikan antara minat belajar terhadap berpikir kreatif
siswa, yang ditunjukan dengan besarnya hasil koefisien korelasi antara minat
belajar terhadpa berpikir kreatif siswa diperoleh signifikansi 0,015 > 0,05, yang
berarti terdapat hubungan yang signifikan antara minat belajar terhadap berpikir
kreatif siswa. Besarnya koefisien korelasi 0,010 yang berarti memiliki derajat
hubungan yang sangat rendah. Disimpulkan bahwa terdapat hubungan yang
signifikan antara antara minat belajar terhadap berpikir kreatif siswa yang memiliki
besar hubungan sangat rendah. Hipotesis ketiga terdapat hubungan secara bersamasama
antara disposisi matematis dan minat belajar terhadap berpikir kreatif siswa,
yang ditunjukan dengan besarnya hasil sig. F change 0,049 < 0,05, yang berarti
terdapat hubungan yang signifikan secara bersama-sama antara disposisi matematis
dan minat belajar terhadap berpikir kreatif siswa. Nilai koefisien korelasi ganda
sebesar 0,51 menunjukan bahwa hubungan secara bersama mempunyai derajat
hubungan yangsangat rendah. Besarnya nilai koefisien determinasi yang diperoleh
adalah sebesar 0,003 artinya 0,3% berpikir kreatif siswa dapat diprediksi
berdasarkan disposisi matematis dan minat belajar. Disimpulkan bahwa terdapat
hubungan yang signifikan antara disposisi matematis dan minat belajar terhadap
berpikir kreatif siswa.
|