Abstrak  Kembali
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan Disposisi Matematis dan minat belajat terhadap berpikir kreatif siswa di SMP Terpadu Baitul Hikmah pada semester ganjil tahun ajaran 2022-2023. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian kuantitatif dengan metode yang dilakukan adalah metode survei non kausal. Teknik pengambilan sampel menggunakan random sampling dari populasi peserta didik di di SMP Terpadu Baitul Hikmah pada semester ganjil tahun ajaran 2022-2023 di dapat sampel sebanyak 35 siswa. Teknik pengumpulan data menggunakan instrumen kuisioner dan tes berpikir kreatif. Analisis persyaratan dengan menguji normalitas data berpikir kreatif siswa menggunakan uji Kolmogorov-Smirnov. Hasil penelitian menunjukkan hasil hipotesis pertama tidak terdapat hubungan yang signifikan antara disposisi matematis dengan berpikir kreatif, yang ditunjukan dengan besarnya hasil koefisien korelasi antara Disposisi matematis dengan berpikir kreatif siswa diperoleh signifikansi 0,023 lebih kecil dari 𝛼 = 0,05 atau 0,023 < 0,05, berarti terdapat hubungan yang signifikan antara disposisi matematis terhadap berpikir kreatif. Besarnya koefisien korelasi 0,049 yang berarti memiliki derajat hubungan yang sangat rendah. Disimpulkan bahwa terdapat hubungan yang signifikan antara disposisi matematis terhadap berpikir kreatif siswa yang memiliki besar hubungan sangat rendah. Hipotesis kedua terdapat hubungan yang signfikikan antara minat belajar terhadap berpikir kreatif siswa, yang ditunjukan dengan besarnya hasil koefisien korelasi antara minat belajar terhadpa berpikir kreatif siswa diperoleh signifikansi 0,015 > 0,05, yang berarti terdapat hubungan yang signifikan antara minat belajar terhadap berpikir kreatif siswa. Besarnya koefisien korelasi 0,010 yang berarti memiliki derajat hubungan yang sangat rendah. Disimpulkan bahwa terdapat hubungan yang signifikan antara antara minat belajar terhadap berpikir kreatif siswa yang memiliki besar hubungan sangat rendah. Hipotesis ketiga terdapat hubungan secara bersamasama antara disposisi matematis dan minat belajar terhadap berpikir kreatif siswa, yang ditunjukan dengan besarnya hasil sig. F change 0,049 < 0,05, yang berarti terdapat hubungan yang signifikan secara bersama-sama antara disposisi matematis dan minat belajar terhadap berpikir kreatif siswa. Nilai koefisien korelasi ganda sebesar 0,51 menunjukan bahwa hubungan secara bersama mempunyai derajat hubungan yangsangat rendah. Besarnya nilai koefisien determinasi yang diperoleh adalah sebesar 0,003 artinya 0,3% berpikir kreatif siswa dapat diprediksi berdasarkan disposisi matematis dan minat belajar. Disimpulkan bahwa terdapat hubungan yang signifikan antara disposisi matematis dan minat belajar terhadap berpikir kreatif siswa.