Abstrak  Kembali
Penelitian ini bertujuan untuk mengevaluasi Program Pelatihan Berbasis Kompetensi (PBK). Evaluasi ini mendeskripsikan tentang (1) kesesuaian program pelatihan, (2) ketersediaanfaktor pendukung pelaksanaan pelatihan, (3) proses pelaksanaan program pelatihan, serta (4) kompetensi dan kuantitas lulusan yang dihasilkan melalui program pelatihan. Penelitian dilakukan di Bekasi pada bulan Agustus 2021-Januari 2022. Penelitian ini merupakan penelitian evaluasi yang menggunakan model CIPP (context, input, process, dan product). Penelitian dilakukan dengan metode campuran kuantitatif dan kualitatif. Instrumen divalidasi melalui expert judgment kepada 2 dosen ahli. Instrumen berupa kuesioner diberikan kepada4 kelompok responden, yaitu penyelenggara, instruktur, peserta pelatihan, dan humanb resources industri. Hasil penelitian evaluasi program PBK adalah sebagai berikut: (1) Kesesuaian kurikulum dan program PBK yang mengacu pada SKKNI yang berlaku dinyatakan sangat baik oleh penyelenggara dan peserta, dan dinyatakan baik oleh instruktur. Aspek ini mencakup kesesuaian kejuruan perhotelan dengan minat dan kebutuhan masyarakat/peserta, kebutuhan industri, tujuan , latar belakang endidikan/pengalamanbpeserta dan masyarakat, pengenalan masyarakat terhadapndan program pelatihan yang dilaksanakan, kesesuaian program PBK kejuruan perhotelan dengan kondisi ekonomin masyarakat., (2) Ketersediaan faktor Instruktur yang mengajar dinyatakan sangat baik oleh penyelenggara, dan peserta. Aspek ini mencakup ketersediaan sarana dan prasarana pelatihan, kesiapan penyelenggara, kesiapan instruktur, kompetensi instruktur, pendanaan., (3) Proses pelaksanaan program pelatihan (process) dinyatakan sangat baik lehnpenyelenggara dan peserta, dan dinyatakan baik oleh instruktur. Aspek ini mencakup perekrutan, seleksi, pelaksanaan pelatihan., (4) Kompetensi dan kuantitas lulusan (product) dinyatakan sangat baik oleh penyelenggara dan peserta, dan dinyatakan baik oleh instruktur