Abstrak  Kembali
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peranan Youtube sebagai media sosial dalam peningkatan kualitas pembelajaran sejarah di SMAN 34 Jakarta, untuk mengetahui pelaksanaan pembelajaran sejarah dengan Youtube sebagai media sosial dalam peningkatan kualitas di SMAN 34 Jakarta dan untuk mengetahui fungsi Youtube sebagai nilai positif dalam pembelajaran sejarah dalam memanfaatkan media sosial yang efektif. Penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan teknik pengumpulan data berupa observasi, wawancara dan dokumentasi. Narasumber penelitian ini adalah kepala sekolah, wakil kurikulum, guru dan peserta didik kelas X di SMA Negeri 34 Jakarta. Hasil penelitian menunjukkan bahwa peran Youtube sebagai media sosial dalam peningkatan kualitas pembelajaran Sejarah di SMAN 34 Jakarta dapat memberikan manfaat dalam pembelajaran bagi siswa, diantaranya: a). Akses mudah ke materi pembelajara, b). Kreativitas dalam pembelajaran, c). Meningkatkan pemahaman siswa terhadap pembelajaran Sejarah, dan d). Meningkatkan motivasi siswa dalam pembelajaran Sejarah. Hasil penelitian pada pelaksanaan pembelajaran Sejarah dengan Youtube sebagai media sosial dalam peningkatan kualitas di SMAN 34 Jakarta dapat dilakukan dengan adanya kontrol pengawasan dan evaluasi dalam pengelolaan konten, kriteria khusus dalam pembuatan konten, kolaborasi dalam pembuatan konten, dan penggunaan video pembelajaran sebagai materi pelajaran Sejarah. Hasil penelitian pada fungsi Youtube sebagai nilai positif dalam peningkatan kualitas pembelajaran Sejarah di SMA Negeri 34 Jakarta mendukung adanya partisipasi dan interaksi siswa, pembaharuan materi secara berkala dan penggunaan teknologi interaktif.