Abstrak  Kembali
Tesis ini bertujuan untuk mengetahui ada atau tidaknya pengaruh penerapan media penilaian berbasis aplikasi online quizizz dan self-efficacy terhadap hasil belajar Matematika siswa kelas III SDN Petukangan Utara 02 Jakarta Selatan. Metode pada penelitian ini menggunakan eksperimen desain faktorial 2x2. Adapun sampel penelitian ini berjumlah 40 subjek dari kelas IIIA dan IIIB. Instrumen berupa soal tes dan kuesioner. Uji normalitas menggunakan rumus Liliefors dan uji homogenitas menggunakan uji Levene Test. Hasil penelitian menggunakan ANOVA dua jalur mendapatkan hipotesis pertama diketahui nilai Fhitung sebesar 4,812 jika dibandingkan dengan Ftabel sebesar 4,113, hasilnya adalah Fhitung > Ftabel atau (4,812 > 4,113), maka dapat disimpulkan H0 ditolak, dan H1 diterima terdapat pengaruh signifikan penerapan pengaruh penerapan media penilaian berbasis aplikasi online quizizz terhadap hasil belajar matematika antara kelas konvensional dan kelas eksperimen. Hipotesis kedua diketahui nilai Fhitung sebesar 18,703 jika dibandingkan dengan Ftabel sebesar 4,113, hasilnya adalah Fhitung > Ftabel atau (18,703 > 4,113), maka dapat disimpulkan H0 ditolak, dan H1 diterima artinya terdapat pengaruh signifikan self-efficacy terhadap hasil belajar matematika siswa antara kelas konvensional dan kelas eksperimen. Untuk hipotesis ketiga diketahui nilai Fhitung sebesar 0,192 jika dibandingkan dengan Ftabel sebesar 4,113, hasilnya adalah Fhitung > Ftabel atau (0,192 > 4,113), maka dapat disimpulkan bahwa H0 diterima, artinya tidak terdapat interaksi antara media penilaian berbasis aplikasi online quizizz dan self-efficacy terhadap hasil belajar matematika siswa secara bersama-sama antara kelas konvensional dan kelas eksperimen.