Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan adanya (1) nilai pendidikan
karakter yang terdapat dalam buku ajar bahasa Indonesia kelas tujuh di SMPIT
Ummul Quro Depok (2) nilai penguatan pendidikan karakter (PPK) program
kemendikbud. Sumber data penelitian ini adalah teks dalam buku ajar bahasa
Indonesia kelas tujuh karangan Titik Harsiati dkk. Penelitian ini merupakan
penelitian kualitatif. Sumber data berasal dari buku ajar bahasa Indonesia yang digunakan dalam aktivitas pembelajaran di kelas. Pengumpulan data dilakukan dengan teknik studi kepustakaan, berupa aktivitas membaca dan menelaah berbagai literatur. Teknik analisis data meliputi deskripsi, klasifikasi, analisis, intrepretasi, dan evaluasi. Keabsahan data diperoleh melalui pelibatan peneliti sebagai instrumen penelitian serta triangulasi teori dan triangulasi sumber. Hasil penelitian ini menunjukkan adanya lima nilai pendidikan karakter yang sesuai dengan program Penguatan Pendidikan Karakter (PPK) yang meliputi Religius, Nasionalis, Integritas, Mandiri, dan Gotongroyong dalam buku ajar Bahasa Indonesia Karangan Titik Harsiati dkk. serta kesimpulan adanya lima nilai dalam program penguatan pendidikan karakter (PPK). Kesimpulan juga menunjukkan adanya nilai karakter yang memiliki persentase rendah dalam buku ajar Bahasa Indonesia Karangan Titik Harsiati dkk. yaitu nilai pendidikan karakter nasionalis dan pendidikan karakter gotong-royong.
|