Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan modul pendidikan pubertas pada kelas V Sekolah Dasar. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian Research And Development (RnD) melalui pendekatan Brog And Gall. Tingkat kelayakan dan kepraktisan serta efektifitas melalui tahapan analisis, perancangan, dan pengembangan yang fokus penelitiannya pada materi pubertas pada uji coba kelayakan dan kepraktisan produk dengan responden yaitu uji validasi ahli, angket respon ahli dan siswa.
Penelitian ini menunjukkan bahwa pengembangan Modul Pendidikan Pubertas Bagi Siswa Kelas V Sekolah Dasar,layak dan praktis digunakan di SDN Pondok Ranggon 02 dan SDN Pondok Ranggon 03. Tingkat efektifitas yang diukur melalui evaluasi sederhana dalam mengukur ketercapaian perubahan perilaku siswa pada uji statistik yang menyatakan nilai r-tabel dalam penelitian ini dimana N = 64 dan sig. 0,05 sebesar 0,204. Dari hasil uji validitas pada tabel diatas diketahui pada variabel kelayakan memiliki nilai r-hitung > r-tabel maka dapat dikatakan bahwa seluruh item pernyataan yang ada pada variabel kelayakan valid dan dapat digunakan sebagai alat ukur dalam penelitian. Dari hasil ujireliabilitas diketahui nilai Cronbach's Alpha pada variabel kelayakan sebesar 1,00n > 0,6, pada variabel kepraktisan sebesar 0,856 > 0,6, dan pada variabel perubahan perilaku 0,893n>0,6 dan bersifat konsisten atau reliabel. Pada ujicoba lapangan kecil dan ujicoba lapangan besar produk mengalami peningkatan dalam melaksanakan pretest dan posttest, sebelum mendapat perlakuan sebesar 6 4 , 0 0 dan setelah perlakuan rata-rata skor meningkat menjadi 89,00. Hasil analisis pretest dan posttest yang mengukur pemahaman melalui hasil uji kompetensi siswa menunjukkan bahwa prosentase siswa yang mendapatkan nilai di atas nilai 80 terhadap pemahaman produk sebesar 85%. yaitu sangat baik. Hasil tersebut hampir diperkuat oleh uji N- Gain yang mendapatkan rata-rata N-Gain score produk sebesar 1,00 pada kategori tinggi.
|