Abstrak  Kembali
Pembelajaran IPA kelas V di SDN Ciganjur 04 masih berpusat pada guru, peserta didik menjadi pasif , belum dapat mengembangkan cara berpikir kritis dan kurangnya efikasi diri dalam belajar sehingga pembelajaran tidak maksimal. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisa seberapa besar pengaruh model Pembelajaran Problem Based Learning dan Efikasi Diri Terhadap Keterampilan Berpikir Kritis dalam pembelajaran IPA di kelas V SDN Ciganjur 04 tahun ajaran 2022/2023. Data Sampel penelitian ini terdiri atas 32 peserta didik kelas eksperimen (Model Problem Based Learning) dan 32 peserta didik kelas kontrol (Pembelajaran Konvensional) dipilih dengan sampling jenuh. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian kuantitatif eksperimen dengan Design Faktorial 2x2. Variabel penelitian ini terdiri dari dua variabel bebas yaitu model Pembelajaran Problem Based Learning sebagai variabel (X1), Efikasi Diri sebagai variabel (X2), dan satu variabel terikat yaitu kemampuan berpikir kritis sebagai variabel (Y). Hasil penelitian ini menjelaskan bahwa: Nilai 𝐹ℎ𝑖𝑡 yang diperoleh adalah 11.248, dibandingkan dengan nilai 𝐹𝑡𝑎𝑏𝑒𝑙 sebesar 4.210. Hasil ini menunjukkan bahwa nilai 𝐹ℎ𝑖𝑡 lebih besar dari nilai 𝐹𝑡𝑎𝑏𝑒𝑙, sehingga keputusan yang diambil adalah menolak 𝐻0 pada tingkat signifikansi 5%. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh signifikan model PBL terhadap kemampuan berpikir kritis. Nilai 𝐹ℎ𝑖𝑡 yang diperoleh adalah 6.704, dibandingkan dengan nilai 𝐹𝑡𝑎𝑏𝑒𝑙 sebesar 4.210. Hasil ini menunjukkan bahwa nilai 𝐹ℎ𝑖𝑡 lebih besar dari nilai 𝐹𝑡𝑎𝑏𝑒𝑙, sehingga keputusan yang diambil adalah menolak 𝐻0 pada tingkat signifikansi 5%. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh signifikan efikasi diri terhadap kemampuan berpikir kritis. Nilai 𝐹ℎ𝑖𝑡 yang diperoleh adalah 11.991, dibandingkan dengan nilai 𝐹𝑡𝑎𝑏𝑒𝑙 sebesar 4.210. Hasil ini menunjukkan bahwa nilai 𝐹ℎ𝑖𝑡 lebih besar dari nilai 𝐹𝑡𝑎𝑏𝑒𝑙, sehingga keputusan yang diambil adalah menolak 𝐻0 pada tingkat signifikansi 5%. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh interaksi yang signifikan antara model Problem Based Learning (PBL) dan efikasi diri terhadap kemampuan berpikir kritis.