GUPRON, Pengaruh Kepemimpinan Kepala Sekolah dan Pemberdayaan Guru Terhadap Kepuasan Kerja Guru Sekolah Dasar Swasta Se Kecamatan Mustikajaya Kota Bekasi. Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji Pengaruh Kepemimpinan Kepala Sekolah dan Pemberdayaan Guru Terhadap Kepuasan Kerja Guru Sekolah Dasar Swasta. Penelitian ini dilaksanakan pada Sekolah Dasar (SD) Swasta se Kecamatan Mustikajaya Kota Bekasi. Metode yang digunakan adalah metode deskriptif kuantitatif. Hipotesis penelitian : (1) terdapat pengaruh langsung positip kepemimpinan kepala sekolah terhadap kepuasan kerja guru SD swasta se Kecamatan Mustikajaya kota Bekasi, (2) terdapat pengaruh langsung positip pemberdayaan guru terhadap kepuasan kerja guru SD swasta se Kecamatan Mustikajaya Kota Bekasi, (3) terdapat pengaruh langsung positip kepemimpinan kepala sekolah terhadap pemberdayaan guru SD swasta se Kecamatan Mustikajaya kota Bekasi. Penelitian dilaksanakan pada SD swasta se Kecamatan Mustikajaya Kota Bekasi (Ujicoba dan Penelitian), dengan metode survey. Responden penelitian guru-guru yang berjumlah 153 orang 30 orang untuk ujicoba diambil dari jumlah populasi di luar sampel penelitian, teknik pengambilan sampel menggunakan rumus slovin. Instrumen menggunakan kuesioner kepuasan kerja guru sebagai variabel terikat, sedangkan instrumen kuesioner kepemimpinan kepala sekolah dan pemberdayaan guru sebagai variabel bebas. Instrumen yang digunakan dalam mengumpulkan data adalah kuesioner dengan skala likers. Pengujian validitas instrumen dapat menggunakan rumus Pearson Product Moment dan perhitungan koefisien reliabilitas dilakukan dengan menggunakan rumus Alpha Cronbach. Hasil analisis data menggunakan analisis jalur (path analisis) menunjukkan bahwa (1) terdapat pengaruh langsung positif dan signifikan kepemimpinan kepala sekolah terhadap kepuasan kerja guru = 0,47 dengan koefisien korelasi sebesar 0,675. (2) terdapat pengaruh langsung positif dan signifikan pemberdayaan guruterhadap kepuasan kerja guru dengan koefisien = 0,22 dengan koefisien korelasi sebesar 0,536. (3) terdapat pengaruh langsung positif dan signifikan kepemimpinan kepala sekolah terhadap pemberdayaan guru, didapatkan koefisien = 0,62 dengan koefisien korelasi sebesar 0,624. Berdasarkan hasil temuan tersebut, disimpulkan bahwa kepuasan kerja guru dapat meningkat apabila kepemimpinan kepala sekolah dan pemberdayaan guru oleh kepala sekolah meningkat. Hasil penelitian ini juga dapat berguna untuk meningkatkan kualitas kepemimpinan kepala sekolah dan pemberdayaan guru oleh kepala sekolah dalam upaya peningkatan kepuasan kerja guru secara keseluruhan. Berdasarkan kesimpulan di atas maka penulis mengajukan beberapa saran untuk diperhatikan secara seksama oleh para kepala SD swasta, diantaranya (1) Dalam rangka meningkatkan kepuasan kerja guru yang berkaitan dengan kepemimpinan kepala sekolah maka diperlukan peningkatan perilaku kepemimpinan yang dapat menciptakan visi misi sehingga dapat meningkatkan kepuasan kerja guru, (2) Dalam rangka meningkatkan kepuasan kerja guru yang berkaitan dengan pemberdayaan guru oleh kepala sekolah maka sangat diperlukan usaha peningkatan kualitas dan kompetensi guru.
|