Endang Mulyani. Hubungan Antara Kompetensi Manajerial Kepala Sekolah dan Iklim Organisasi dengan Kepribadian Guru Sekolah Menengah Pertama (SMPN) di Kecamatan Cakung Jakarta Timur. Tesis Sekolah Pascasarjana Universitas Muhammadiyah Prof. DR. HAMKA, 2013. Penelitian ini bertujuan untuk memperoleh informasi hubungan antara Kompetensi Manajerial Kepala Sekolah Dan Iklim Organisasi Dengan Kepribadian Guru secara sendiri- sendiri maupun bersama- sama. Hipotesis yang diuji adalah: (1) terdapat hubungan positif antara kompetensi manajerial kepala sekolah dengan kepribadian guru. (2) terdapat hubungan positif antara iklim organisasi dengan kepribadian guru. (3) terdapat hubungan positif antara kompetensi manajerial kepala sekolah dan iklim organisasi secara bersama-sama dengan kepribadian guru. Penelitian dilaksanakan di wilayah Kecamatan Cakung Jakarta Timur yang meliputi Sekolah Menengah Pertama Negeri yang terdaftar di wilayah tersebut pada tahun ajaran 2013-2014. Metode penelitian dilakukan melalui metode Sampel Random Sampling, responden penelitian terdiri dari para guru yang terdapat di SMP Negeri wilayah Kecamatan Cakung Jakarta Selatan yang terdiri dari 12 SMP Negeri, dari jumlah tersebut populasi guru adalah 515 orang, sedangkan jumlah guru yang di jadikan sampel dalam penelitian ini adalah 84 orang. Instumen yang digunakan adalah angket kepribadian guru sebagai variabel terikat, dan angket kompetensi manajerial kepala sekolah dan angket iklim organisasi sebagai variabel bebas. Sedangkan ketiga instrumen divalidasi menggunakan korelasi Product Moment dan kehandalan dihitung dengan rumus Alpha Crombach. Hasil uji coba menunjukkan bahwa masing- masing instrumen adalah sebagai berikut: variabel kepribadian guru (Y), variabel kompetensi manajerial kepala sekolah (X1), variabel iklim organisasi (X2), ketiga variabel tersebut adalah valid dan reliabel. Hasil yang diperoleh dalam penelitian ini adalah pertama terdapat hubungan positif antara kompetensi manajerial kepala sekolah dengan kepribadian guru SMP Negeri di Kecamatan Cakung Jakarta Timur, diperoleh nilai r =720 dengan tingkat signifikansi sebesar 0,000 yang lebih kecil dari taraf nyata (? ) = 0,05. Kedua, tidakterdapat hubungan antara iklim organisasi dengan kepribadian guru SMP Negeri di Kecamatan Cakung Jakarta Timur, ditunjukkan oleh nilai r = - 0,052 dengan tingkat signifikansi 0, 638 yang lebih besar dari taraf nyata (?) = 0,05. Ketiga, terdapat hubungan yang signifikan antara kompetensi manajerial kepala sekolah dan iklim organisasi secara bersama- sama dengan kepribadian guru SMP Negeri di Kecamatan Cakung Jakarta Timur yang ditunjukkan oleh nilai korelasi ganda Rē = 0,519 dengan harga F-hitung = 43,705 dengan tingkat signifikansi 0,000 yang lebih kecil dari taraf nyata ? = 0,05. Nilai Rē juga menunjukkan bahwa kepribadian guru dipengaruhi oleh kompetensi manajerial kepala sekolah dan iklim organisasi secara bersama- sama sebesar 51,9 %, adapun sisanya sebesar 48,1 % dipengaruhi oleh faktor lain yang tidak di teliti. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa secara keseluruhan terbukti bahwa terdapat hubungan antara kompetensi manajerial kepala sekolah dengan kepribadian guru SMP Negeri di Kecamatan Cakung Jakarta Timur. Tetapi tidak cukup bukti adanya hubungan antara iklim organisasi dengan kepribadian guru SMP Negeri di Kecamatan Cakung Jakarta Timur. Terakhir adalah terbukti adanya hubungan antara kompetensi manajerial kepala sekolah dan iklim organisasi secara bersama- sama dengan kepribadian guru SMP Negeri di Kecamatan Cakung Jakarta Timur. Kata kunci: kompetensi manajerial kepala sekolah, iklim organisasi, dan kepribadian guru.
|