Tesis ini bertujuan untuk mengetahui korelasi antara kepercayaan diri dan
penguasaan kosakata dengan kemampuan berbicara siswa. Penelitian menggunakan metode survei dengan populasi adalah siswa kelas VII SMP
Darrosta di Jakarta dengan besar sampel sebanyak 37 siswa. Teknik pengambilan sampel menggunakan simple random sampling. Instrumen penelitian yang digunakan yaitu angket kepercayaan diri sebanyak 29 pernyataan, tes pilihan ganda penguasaan kosakata 27 pernyataan, dan tes esai kemampuan berbicara sebanyak 10 soal. Teknik analisis data menggunakan analisis regresi berganda. Sebelum dilakukan uji hipotesis terlebih dahulu dilakukan analisis deskriptif dan uji persyaratan analisis data yaitu uji normalitas dan uji linearitas. Uji normalitas dilakukan dengan uji Chi-Kuadrat dan diperoleh hasil yaitu untuk kemampuan berbicara berdistribusi normal, untuk kepercayaan diri berdistribusi normal, untuk penguasaan kosakata berdistribusi normal. Selanjutnya dilakukan uji linearitas dengan hasil untuk kepercayaan diri dengan kemampuan berbicara data berpola linear, penguasaan kosakata dengan kemampuan berbicara siswa. Berdasarkan pengujian yang telah dilakukan maka disimpulkan bahwa: 1) kepercayaaan diri
berkorelasi dengan kemampuan berbicara siswa; 2) penguasan kosakata
berkorelasi dengan kemampuan berbicara siswa; 3) kepercayaaan diri dan
pengusaan kosakata secara bersama-sama berkorelasi kemampuan berbicara
siswa.
|