Heri Soesanto. Pengaruh Kampetensi manajerial Kepala Sekalah dan Iklill1 Kelja Terhadap Kepuasan Kerja Guru Sekalah Menengah Pertama Negeri se-Kata Administratif Jakarta Utara. Tesis. Jakarta : Program Pascasaljana Universitas Muhammadiyah Prof. Dr. HAMKA Jakarta, 2012. Penelitian ini bertujuan untuk memperoleh informasi keterkaitan antara variabel bebas yai tu : Kompetensi Manajerial Kepala Sekolah (XI) dan lklim Kel:ia (X2) dengan variabel terikat yaitu : Kepuasan Kelja (X3) pad a guru di Sekolah Menengah Pertama Negeri Kota Admini stratif Jakarta Utara, baik secara sendiri-sendiri maupun seCal'a bersama-sama. Hipotesis yang telah diuji adalah 1) terdapat pengaruh langslU1g dan signifikan kompetensi manajerial kepala sekolah terhadap kepuasan kelja guru, 2) terdapat pengaruh langsung dan signifikan ikli lll kelja terhadap kepuasan kelja guru, 3) terelapat pengaruh langsung elan s ignifikan kompetensi manajerial kepala sekolah terhadap iklim kelja. Penelitian ini dilakukan eli Sekolah Menengah Pertama Negeri se-Kota Aelministratif Jakarta Utam se lailla dua bulan ya itu Juli dan Oktober. Metode penelitian yang digunakan adalah surva i. Populasi dalalll penelitian ini adalah seluruh glUU Sekolah Menengah Pertal1la Negeri se-Kota Administratif Jakarta Utara, tahun pelajaran 201 1/2012 yang beljullllah 172 orang guru. Sampel diambil sebanyak 63 orang guru dengan cara menggunakan rumus Slovin dengan l1lenggunakan taraf kesalahan 10%. Sampel dipi lih dengan teknik acak sederhana (teknik random sampling). Instrumen penelitian yang digunakan adalah kuesioner. Kuesioner berbentuk lima pilihan jawaban . Sebelum instrumen berupa kuesioner digunakan untuk l1lenjaring data, terlebih da hulu dilakukan uji coba guna l1lengetahui validitas dan rel iabili tas. Validitas yang digunakan untuk instrumen Kompetensi Manaj er ial Kepala Seko lall, Iklim Kelja dan keouasan Kerja Guru adalah va lid itas konstruk. Del1likian juga koefisien reliabilitas instrul1len KOl1lpetensi Manaj erial Kepala Sekolah, Iklim Kelja dan Kepuasan Kelja Guru elicari elengan rUl11US Alpha Cronbach.Dalam penelitian ini terd apat tiga kesimpulan pokok, yaitu (I) Terdapat pengaruh langsung dan s ignifikan kompetensi manaj erial kepala sekolah (XI) terhadap Kepuasan kerja guru (Xl ). Berdasarkan hasil uji signifikansi dan linearitas persamaan regresi dalam persamaan Xl = 126,34 + 0,3 19X ternyata sangat signifikan dan linear, yang berarti bahwa setiap kenaikan I skor kepuasan kelja (Xl) dipengaruhi oleh kenaikan skor 0.3 19 ka li skor kO ll1petensi ll1 anaj erial kepala sekolah (XI) pad a titik konstanta 126,34. Tingkat kekuatan pengaruh antm'a kOll1petensi ll1anajeri al kepala sekolah (XI) dengan kepuasan kerja eX») dapat ditunjukkan dari koefis ien kore lasi 0,521. Matrik koefisien ko relasi dalam anal isis jalur kOll1petensi manajerial kepala sekolah (XI) dengan kepuasan kelja (Xl) memperoleh Pll= 0,252 > 0,05 berm·ti Pll= 0,252 signifikan pad a koefisien korelas i r lJ= 0.521 dan koefisien deterl11 inasi sebesar 27,19%. Hasil ini l1el11beri l11akna bahwa semakin tinggi kOll1petensi manajerial kepala sekolah akan meningkatkan kepuasan kelja clengan kontribusi sebesar 27,19%. (2) Terdapat pengaruh langsung dan s ignifikan iklill1 kelja (X2) terhadap Kepuasan kelja (Xl). Berdasarkan hasil uji signifikansi dan linearitas persamaan regresi clalal11 A persamaan Xl = 11 5.66 + 0,383X2, ternyata sangat signifi kan dan linear, yang berm·ti bahwa seliap kenaikan I skor kepuasan kelja (Xl) dipengaruhi oleh kenaikan skor 0.383 ka li skor iklim kelja (X2) pada titik ko nstanta 115,66. Tingkat kekuatan pengaruh antara iklim kelja (X2) dengan kepuasan kerja (X]) dapat ditunjukkan dari koefis ien kore lasi 0,691 dan koefi sien detenninasi sebesar 47,70%, hal ini ll1ell1beri makna bahwa iklim kerja dapat meningkatkan kepuasan kelja dan konstribusi sebesar 47,70%. (3) Terdapat pengaruh langsung dan signifi kan kompetensi l11anajerial kepala sekolah (Xd terhadap Iklim kelja(X2). Berclasarkan hasil uji signiJikmlsi dan linearitas persal11aul1 regresi dalam persamaan X2 = 59,91 + 0,5 19XI, ternyata sal1gat signifikan clan linear, ymlgberarti bahwa se liap kenaikan 1 skor iklim velja (X2) dipengaruhi oleh kenaikan skor 0.519 kali skor kompetensi manajerial kepala sekolah (XI) pad a titik konstanta 59,9l. Tingkat kekuatan pengaruh antara kompetensi manajerial kepala sekolah (XI) dengan iklim kelja (Xl) dapat dilunjukkan dari koefisien korelasi 0,-171 dan koefisien determinasi sebesar 22,14%. Hal ini memberi malma bahwa kompetensi manajerial kepala sekolah dapal meningkatkan iklim kelja dengan konstribusi sebesar 22, 14%. Dengan demikian berarti bahwa semakin linggi kompetensi manajerial kepala sekolah dan ikl im kelja akan semakin linggi pula kepuasan kelja guru. Koncl isi ini menunj ukkan bahwa kompelensi munajerial kepala sekolah dan ikl im kelja, merupakan clua variabel yang penting untu k d iperhatikan clalam menjelaskan peningkatan kepuasan kelja bagi seorang guru.
|