Latar belakang penelitian ini adalah rendahnya hasil belajar siswa tentang keterampilan menulis kalimat efektif. Kenyataan di lapangan masih banyak siswa yang kesulitan dalam menulis kalimat efektif. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis adanya pengaruh model pembelajaran dan minat belajar terhadap keterampilan menulis kalimat efektif siswa kelas IV SDN Lagoa 05 Tahun Ajaran 2023/ 2024.
Metode penelitian yang digunakan adalah metode eksperimen dengan desain factorial 2x2. Penelitian ini dilakukan di SDN Lagoa 05 Jakarta Utara. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas IV. Penelitian ini menggunakan dua kelompok belajar. Satu kelompok dijadikan sebagai kelas eksperimen (think Talk Write) dan kelompok satunya dijadikan sebagai kelas control (Scramble). Pengumpulan data dilakukan melalui angket dan tes uraian menulis kalimat efektif. Instrumen diujicobakan terlebih dahulu selanjutnya dilakukan uj prasyarat analisis dengan uji normalitas dan uji homogenitas. Pengujian hipotesis dengan uji anava dua jalur. Uji normalitas menggunakan uji chi kuarat, sedangkan uji homogenitas menggunakan uji bartlet.
Berdasarkan hasil hipotesis dan analisis data, dapat disimpulkan bahwa: (1) terdapat pengaruh model pembelajaran terhadap keterampilan menulis keterampilan menulis kalimat efektif (2) terdapat pengaruh minat belajar terhadap keterampilan menulis keterampilan menulis kalimat efektif, (3) terdapat pengaruh interaksi antara model pembelajaran terhadap keterampilan menulis keterampilan menulis kalimat efektif
Berdasarkan kesimpulan yang telah dikemukakan, maka dapat dibuat beberapa implikasi yang berhubungan dengan hasil penelitian. Penelitian yang dilakukan di SDN Lagoa 05 menunjukkan bahwa dengan menerapkan model pembelajaran kooperatif berpengaruh besar terhadap keterampilan menulis kalimat efektif. Model pembelajaran kooperatif dapat meningkatkan keterampilan berinteraksi antarsiswa, pengembangan kemampuan kerjasama, dan menumbuhkan semangat untuk belajar. Siswa secara aktif terlibat dalam diskusi, pemecahan masalah, dan bekerjasama dalam kelompok. Interaksi ini dapat meningkatkan pemahaman siswa terhadap materi pelajaran.
|