Studi ini merupakan jenis penelitian eksperimen semu yang bertujuan untuk: 1. Uji pengaruh model pembelajaran diferensiasi dan pembelajaran langsung terhadap hasil belajar matematika siswa di MIS Darunnajah Cipining. 2. Analisis apakah terdapat perbedaan pengaruh antara siswa dengan minat belajar tinggi dan rendah terhadap hasil belajar matematika. 3. Investigasi terdapat atau tidak interaksi antara model pembelajaran dan minat belajar terhadap hasil belajar matematika.
Jenis penelitian adalah quasi eksperimen dengan desain faktorial 2x2. Populasinya adalah seluruh siswa kelas VI yang berjumlah 62 orang yang terbagi dalam 2 kelas. Sampel berjumlah 62 siswa yang terdiri dari kelas 4A kelas eksperimen dan 4B kelas kontrol yang diambil secara acak. Instrumen yang digunakan adalah kuesioner, angket dan tes. Teknik analisis data dengan analisis deskriptif, inferensial, Uji TwoTukey.
Adapun hasil penelitian yang telah diperoleh oleh penelitian adalah hasilnya adalah: 1) terdapat pengaruh yang signifikan antara model pembelajaran diferensiasi dan langsung terhadap hasil belajar matematika; 2) terdapat perbedaan yang signifikan antara siswa yang memiliki minat belajar tinggi dan rendah terhadap hasil belajar matematika; 3) ada interaksi antara model pembelajaran dan minat belajar yang terhadap hasil belajar matematika.
|