Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui keefektifan dari sebuah media ajar dalam bentuk permainan. Berdasarkan tujuan tersebut terlihat bahwa penggunaan dari media ajar Game of Goose dengan mengintegrasikan kearifan lokal dapat menumbuhkan sikap nasionalisme siswa pada pembelajaran PLBJ di SDN Gondangdia 05 Pagi. Penelitian yang digunakan adalah penelitian Research and Development (RnD) dengan menggunakan model ADDIE yang memiliki 5 tahapan yaitu : Analisis, Desain, Pengembangan, Implementasi, dan Evaluasi. Subjek penelitian sebanyak 8 siswa untuk uji coba skala kelompok kecil, dan 31 siswa untuk uji coba skala kelompok besar di SDN Gondangdia 05 Pagi. Teknik dan instrumen penelitian berupa angket, dokumentasi, dan wawancara. Teknik pengolahan data berupa instrumen validasi ahli media, instrumen validasi ahli materi, instrumen validasi ahli pembelajaran, instrumen respon guru, instrumen siswa, dan instrumen keefektifan yang meliputi sikap nasionalisme siswa.
Hasil penelitian uji produk berdasarkan validasi dari ahli media, ahli materi, dan ahli uji coba respon guru, uji coba respon siswa. Hasil validasi ahli media menunjukkan kelayakan media oleh ahli media yaitu 87% dengan kategori sangat layak, hasil validasi ahli materi dengan rata-rata persentase kelayakan sebesar 88% dengan kategori sangat layak, dan rata-rata persentase kelayakan pembelajaran oleh ahli pembelajaran yaitu 93% dengan kategori sangat layak. Hasil pengukuran sikap nasionalisme sebesar 91% dengan kategori sangat tinggi. Kesimpulan dari penelitian ini bahwa media ajar game of goose dengan mengintegrasikan kearifan lokal efektif untuk menumbuhkan sikap nasionalisme siswa.
|