Abstrak  Kembali
Penelitian ini bertujuan mengembangkan media pembelajaran dengan menggunakan aplikasi komputer yang disediakan pengembang yang ada di website pada mata pelajaran IPS di SD Negeri Bukit Duri 05 Jakarta. Hasil pada penelitian ini berupa e-book yang dapat digunakan oleh guru dan peserta didik sebagai penunjang pembelajaran di kelas. E-book berisikan informasi materi berupa teks, gambar, dan link video pembelajaran serta tugas mengerjakan menggunakan aplikasi flippbook untuk mengembangkan daya kreativitas peserta didik. Untuk memperjelas alur pembelajaran, dalam penelitian ini menggunakan pendekatan student centre yang memberikan kebebasan peserta didik berkreasi dalam menyelesaikan tugasnya menggunakan flipbook dalam e-book ini. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan atau dalam istilah R&D (Reseach and Development). Adapun model pengembangan pada penelitian ini menggunakan model ADDIE yang memiliki lima tahap yaitu Analysis, Design, Development, Implementation, Evaluation. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah teknik non tes dengan instrumen pengumpulan data berupa lembar validasi yang diisi oleh validator. Produk akhir yang dikembangkan dapat digunakan sebagai media pembelajaran dalam bentuk buku digital untuk meningkatkan kreativitas. Hasil penelitian ini berupa e-book menggunakan aplikasi flipbook. Untuk uji kreativitas maka mendapatkan hasil tingkat uji coba 1 prosentasenya 25%, uji coba 2 prosentasenya 43,50%, uji coba 3 prosentasenya 86,16% dan uji coba 4 prosentasenya 87,90%. Sedangkan media pembelajaran e-book ini diperoleh skor rata-rata penilaian perencanaan dalam bentuk persentase adalah 91,67%, pelaksanaan sebesar 95,83% dan evaluasi sebesar 100%. Hasil dari penilaian ini berada dalam kriteria interpretasi skor 85% - 100% dinilai layak. Kesimpulan dari pengembangan media pembelajaran e-book dengan pendekatan Student Centre dapat meningkatkan kreativitas peserta didik.