Penelitian ini bertema implementasi digital marketing dan konvensional
upaya meningkatkan penerimaan peserta didik baru (PPDB) di Sekolah Dasar
Islam (SDI) di Cipulir Jakarta pasca pandemi Covid-19. Fenomena yang menjadi
obyek penelitian adalah pemanfaatan platform media digital, media baru berbasis
pada data internet, medsos dalam program penerimaan peserta didik baru.
Penelitian ini menganalisis mengapa dan menggambarkan bagaimana lembaga
perguruan Muhammadiyah Kebayoran Lama menerapkan kombinasi digital
marketing dan konvensional guna mendapatkan murid baru. Penelitian bertujuan
menemukan pola implementasi kombinasi perbandingan digital marketing dan
konvensional dalam upaya meningkatkan PPDB di SDI Muhammadiyah 28
Cipulir Jakarta.
Metodologi penelitian menggunakan paradigma konstruktivis. Metode
penelitian yang digunakan adalah kualitatif tipe deskriptif, dengan pendekatan
studi kasus. Data primer diperoleh dari rekaman wawancara mendalam para
informan, observasi lapangan dan dokumentasi. Data sekunder diperoleh melalui
dokumentasi pustaka. Tempat penelitian di SDI Muhammadiyah 28 Cipulir
Jakarta. Pengumpulan data melalui triangulasi sumber. Peneliti sebagai instrumen
penelitian. Teknik analisa data menggunakan analisa teks model interaktif Miles
dan Hubberman.
Temuan penelitian menunjukkan program rutin tahunan PPDB sebagai
ajang penyaringan calon peserta didik untuk dididik menjadi peserta didik
berkarakter Islami sesuai values Muhammadiyah, pioneer institusi penyelenggara
jasa pendidikan swasta (non-negeri) di Indonesia. Pola proses penerimaan peserta
didik baru meliputi kegiatan; pemetaan dan promosi, pelaksanaan event ‘open
house’, pelayanan post event, dan survei kepuasan pelanggan. Penelitian
menemukan SDI Muhammadiyah 28 Cipulir Jakarta memiliki ‘positioning’ khas
dan memiliki program unggulan ‘Ismuba’ yang menjadi pembeda dengan sekolah
dasar lainnya. Implementasi kombinasi digital marketing; melalui Instagram,
Facebook, Youtube, Whatsapp, dan pemasaran konvensional; melalui ‘word of
mouth’, kunjungan ke TK/PAUD, event ‘open-house’, siaran ‘built in’ di televisi
lokal TVRI Jakarta dan siaran radio swasta lokal Perguruan Muhammadiyah
Cipulir dalam masa ‘kenormalan baru’ pasca pandemi Covid-19 berhasil
menaikkan PPDB SDI Muhammadiyah 28 Cipulir Jakarta pada tahun pelajaran
2022/2023.
|