Abstrak  Kembali
Penelitian ini bertema implementasi digital marketing dan konvensional upaya meningkatkan penerimaan peserta didik baru (PPDB) di Sekolah Dasar Islam (SDI) di Cipulir Jakarta pasca pandemi Covid-19. Fenomena yang menjadi obyek penelitian adalah pemanfaatan platform media digital, media baru berbasis pada data internet, medsos dalam program penerimaan peserta didik baru. Penelitian ini menganalisis mengapa dan menggambarkan bagaimana lembaga perguruan Muhammadiyah Kebayoran Lama menerapkan kombinasi digital marketing dan konvensional guna mendapatkan murid baru. Penelitian bertujuan menemukan pola implementasi kombinasi perbandingan digital marketing dan konvensional dalam upaya meningkatkan PPDB di SDI Muhammadiyah 28 Cipulir Jakarta. Metodologi penelitian menggunakan paradigma konstruktivis. Metode penelitian yang digunakan adalah kualitatif tipe deskriptif, dengan pendekatan studi kasus. Data primer diperoleh dari rekaman wawancara mendalam para informan, observasi lapangan dan dokumentasi. Data sekunder diperoleh melalui dokumentasi pustaka. Tempat penelitian di SDI Muhammadiyah 28 Cipulir Jakarta. Pengumpulan data melalui triangulasi sumber. Peneliti sebagai instrumen penelitian. Teknik analisa data menggunakan analisa teks model interaktif Miles dan Hubberman. Temuan penelitian menunjukkan program rutin tahunan PPDB sebagai ajang penyaringan calon peserta didik untuk dididik menjadi peserta didik berkarakter Islami sesuai values Muhammadiyah, pioneer institusi penyelenggara jasa pendidikan swasta (non-negeri) di Indonesia. Pola proses penerimaan peserta didik baru meliputi kegiatan; pemetaan dan promosi, pelaksanaan event ‘open house’, pelayanan post event, dan survei kepuasan pelanggan. Penelitian menemukan SDI Muhammadiyah 28 Cipulir Jakarta memiliki ‘positioning’ khas dan memiliki program unggulan ‘Ismuba’ yang menjadi pembeda dengan sekolah dasar lainnya. Implementasi kombinasi digital marketing; melalui Instagram, Facebook, Youtube, Whatsapp, dan pemasaran konvensional; melalui ‘word of mouth’, kunjungan ke TK/PAUD, event ‘open-house’, siaran ‘built in’ di televisi lokal TVRI Jakarta dan siaran radio swasta lokal Perguruan Muhammadiyah Cipulir dalam masa ‘kenormalan baru’ pasca pandemi Covid-19 berhasil menaikkan PPDB SDI Muhammadiyah 28 Cipulir Jakarta pada tahun pelajaran 2022/2023.