pemerintahan baik tingkat pusat maupun tingkat daerah. Penyelenggaraan
pemerintahan dikatakan baik jika pelayanan public yang dilakukan berorientasi
pada kepentingan masyarakat. Perumusan masalah penelitian ini adalah: 1) Apakah
kemampuan kerja berpengaruh terhadap kualitas layanan Kantor Pertanahan
Kabupaten Lebak? 2) Apakah lingkungan kerja berpengaruh terhadap kualitas
layanan Kantor Pertanahan Kabupaten Lebak? 3) Apakah kemampuan kerja
berpengaruh terhadap kepuasan masyarakat pengguna jasa Kantor Pertanahan
Kabupaten Lebak? 4) Apakah lingkungan kerja berpengaruh terhadap kepuasan
masyarakat pengguna jasa Kantor Pertanahan Kabupaten Lebak? 5) Apakah
kualitas layanan berpengaruh terhadap kepuasan masyarakat pengguna jasa Kantor
Pertanahan Kabupaten Lebak? 6) Apakah kualitas pelayanan merupakan variabel
pemoderasi antara kemampuan kerja dan lingkungan kerja terhadap kepuasan
masyarakat pengguna jasa Kantor Pertanahan Kabupaten Lebak?
Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kuantitatif dengan pendekatan
survey. Pengambilan sampel dalam penelitian ini menggunakan teori Hair (2010)
yang menyarankan bahwa ukuran sampel minumun 5-10 dikali variabel indikator,
sehingga jumlah indikator sebanyak 27 dikali 5 (27 x 5 = 135). Jadi melalui
perhitungan berdasarkan rumusan tersebut, didapat jumlah sampel dari penelitian
ini adalah sebesar 135. Teknik pengumpulan data penelitian ini dilakukan dengan
menggunakan kuesioner yang disebarkan secara online kepada subjek penelitian.
Analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis regresi linear
berganda dan path analysis.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa kemampuan kerja dan lingkungan
kerja berpengaruh positif dan signifikan terhadap kualitas pelayanan Kantor
Pertanahan Kabupaten Lebak, kemampuan kerja dan lingkungan kerja tidak
berpengaruh terhadap kepuasan masyarakat Tinggi rendahnya lingkungan kerja
Kantor Pertanahan Kabupaten Lebak sama sekali tidak mempengaruhi kepuasan
masyarakat. Adapun kualitas layanan berpengaruh positif dan signifikan terhadap
kepuasan masyarakat pengguna jasa Kantor Pertanahan Kabupaten Lebak. Kualitas
pelayanan merupakan variabel pemoderasi antara kemampuan kerja dan
lingkungan kerja terhadap kepuasan masyarakat pengguna jasa Kantor Pertanahan
Kabupaten Lebak. Hal tersebut ditunjukkan melalui pengaruh langsung yang
nilainya lebih kecil dari pengaruh tidak langsung.
|