Tesis ini bertujuan untuk mengetahui dan menganalisa apakah terdapat pengaruh
bauran pemasaran dan pemasaran digital berbasis sosial media Instagram terhadap
keputusan penggunaan layanan kesehatan Rumah Sakit Islam Jakarta Sukapura Kelapa
Gading dengan brand image sebagai variabel intervening.
Hipotesis pada penelitian ini adalah, Terdapat pengaruh positif dari variabel bauran
pemasaran, variabel pemasaran digital berbasis sosial media Instagram terhadap Brand
Image Rumah Sakit Islam Jakarta Sukapura Kelapa Gading, dan juga Terdapat pengaruh positif bauran pemasaran, pemasaran digital berbasis sosial media Instagram dan brand image terhadap keputusan penggunaan layanan kesehatan Rumah Sakit Islam Jakarta Sukapura Kelapa Gading. Populasi dalam penelitian ini adalah pasien dari layanan kesehatan Rumah Sakit Islam Jakarta Sukapura Kelapa Gading, yaitu layanan rawat jalan dan rawat inap. Sampel pada penelitian ini berjumlah 422 orang. Metode yang digunakan adalah metode kuantitatif dan pengumpulan data menggunakan kuesioner. Teknik
analisis data yang digunakan adalah dengan analisis jalur.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa secara simultan dan parsial variabel bauran
pemasaran (Marketing Mix) dan variabel pemasaran digital berbasis sosial media
Instagram mempunyai pengaruh langsung terhadap brand image. Selain itu variabel
bauran pemasaran (Marketing Mix), variabel pemasaran digital berbasis sosial media
instagram dan brand image mempunyai pengaruh langsung terhadap keputusan
penggunaan layanan.
|