Abstrak  Kembali
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh media pembelajaran dan kemandirian belajar terhadap keterampilan menulis teks drama siswa kelas XI SMAN 21 Jakarta Timur. Penelitian ini menggunakan metode eksperimen. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa-siswi kelas XI SMAN 21 Jakarta Timur yang berjumlah 21 kelas dengan jumlah peserta didik sebanyak 792 peserta didik. Sampel dipilih menggunakan teknik Purposive Sampling dan ditentukan sebanyak 60 orang siswa. Sebanyak 30 orang siswa belajar menggunakan media drama film keluarga dan 30 orang siswa belajar menggunakan media konvensional. Instrumen tes yang digunakan dalam penelitian ini adalah angket kemandirian belajar dan tes keterampilan menulis teks drama yang. Hasil penelitian menunjukan, variabel kemandirian belajar diperoleh nilai F 147,359 dengan signifikansi 0,000 dan variabel keterampilan menulis teks drama diperoleh nilai F 16,668 dengan signifikansi 0,000. Dengan demikian dapat disimpulkan; 1) Pengaruh Kemandirian Belajar antara Peserta Didik Kelas XI yang Belajar Menggunakan Media Drama Film Keluarga lebih baik dari Peserta Didik Kelas XI yang Belajar Menggunakan Media Konvensional di SMAN 21 Jakarta Timur. 2) Pengaruh Keterampilan Menulis Teks Drama antara Peserta Didik Kelas XI yang Belajar Menggunakan Media Drama Film Keluarga lebih baik dari Peserta Didik Kelas XI yang Belajar Menggunakan Media Konvensional di SMAN 21 Jakarta Timur. 3) Media Drama Film Keluarga Memberikan Pengaruh yang Lebih Baik dalam Kemandirian Belajar dan Keterampilan Menulis Teks Drama antara Peserta Didik yang Belajar Menggunakan Media Drama Film Keluarga Dan Media Konvensional di SMAN 21 Jakarta Timur.