Abstrak  Kembali
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui proses pembelajaran menulis cerita narasi di kelas VI SDN Karang Asih 09 Cikarang Kabupaten Bekasi dengan menggunakan metode example non example. Meningkatkan kemampuan menulis cerita narasi siswa di kelas VI SDN Karang Asih 09 Cikarang Kabupaten Bekasi. Populasi penelitian ini adalah peserta didik kelas VI yang berjumlah 37 orang Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Penelitian Tindakan Kelas ini dilaksanakan dalam dua siklus, setiap siklus terdiri dari empat tahap, yaitu perencanaan, tindakan, pengamatan (observasi), dan refleksi. Intrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah lembar observasi, tes dan wawancara. Dalam penelitian ini adalah jika siswa mendapatkan nilai KKM yaitu 70 pada setiap aspek penilaian menulis karangan narasi, jika siswa sudah mencapai indikator ketercapaian tersebut, maka penelitian dihentikan. Pra siklus siswa yang melampaui nilai KKM hanya sekitar 27.02%, rata- rata kemampuan menulis karangan narasi dari segi isi gagasan hanya 61.14, dari aspek organisasi isi 65.71, dari aspek ejaan 64.57, dan dari aspek tata Bahasa 62.86, hingga rata- rata nilai siswa dalam menulis karangan narasi 52.97. Berdasarkan pengamatan siklus I hasil perolehan tes menulis cerita narasi masih dibawah KKM yaitu sekitar 48.64%, rata- rata kemampuan menulis cerita narasi dari segi isi gagasan hanya 69.14, dari aspek organisasi isi 73.71, dari aspek ejaan 72.00, dan dari aspek tata Bahasa 73.71, hingga rata- rata nilai siswa dalam menulis karangan narasi 68.24. Berdasarkan Observasi siklus II hasil perolehan tes menulis karangan narasi siswa meningkat sekitar 94.59%, rata- rata kemampuan menulis cerita narasi dari segi isi gagasan hanya 88.57, dari aspek organisasi isi 90.29, dari aspek ejaan 93.14, dan dari aspek tata Bahasa 94.29, hingga rata- rata nilai siswa dalam menulis karangan narasi 86.62. Melalui model pembelajaran Examples NonExamples, terdapat peningkatan kemampuan menulis karangan narasi siswa kelas VI SDN Karang Asih 09 Cikarang Kabupaten Bekasi, hal ini dapat dilihat dari hasil penelitian di Prasiklus sebesar 27.02% dengan jumlah rata- rata kelas sebesar 52.97, mengalami peningkatan pada siklus I sebesar 48.64% dengan jumlah rata- rata kelas sebesar 68.24., dan tambah meningkat di siklus II menjadi 94.59%, dengan jumlah rata- rata kelas sebesar 86.62., Dengan demikian karena dari semua aspek penilaian menulis narasi nilai siswa memenuhi standar ketuntasan minimal (KKM) maka penelitian dicukupkan sampai di Siklus II ini.