Abstrak  Kembali
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh strategi pembelajaran membaca dan penguasaan kosakata siswa terhadap pemahaman isi bacaan bahasa Indonesia kelas VII SMP Bunda Mulia School Jakarta. Penelitian ini dilaksanakan di SMP Bunda Mulia School Jakarta pada siswa kelas VII tahun pelajaran 2018/2019. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode eksperimen. Sampel penelitian ini dipilih dengan menggunakan teknik multi stage random sampling. Menetapkan siswa kelas VIIA-VIID yang kemudian dibagi menjadi 2 kelompok. Kelompok A dan Kelompok B berjumlah 80 orang siswa. Kelompok A diberi perlakuan strategi pembelajaran SQ3R dan kelompok B dengan strategi pembelajaran DRTA. Setiap kelompok dibagi kembali berdasarkan tingkat penguasaan kosakata tinggi dan rendah. Berdasarkan hasil penelitian, dapat diketahui bahwa terdapat pengaruh strategi pembelajaran Bahasa Indonesia dan penguasaan kosakata terhadap pemahaman isi bacaan bahasa Indonesia pada siswa kelas VII di SMP Bunda Mulia School Jakarta.