Penelitian Tindakan Kelas ini bertujuan untuk mengetahui proses peningkatan keterampilan menulis cerita pendek melalui model Pembelajaran Kolaboratif menggunakan Google Docs. Selain tu, untuk mengetahui hasil peningkatan keterampilan menulis cerita pendek melalui model Pembelajaran Kolaboratif dengan menggunakan Google Docs.
Metode penelitian yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Penelitian dilaksanakan dalam beberapa siklus. Tiap siklus terdiri atas perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi, dan refleksi. Subjek penelitian ini dilakukan pada siswa kelas IX SMP Negeri 230 Jakarta yang berjumlah 40 siswa.
Pengumpulan data yang digunakan penelitian ini adalah data kuantitatif dan kualitatif. Berdasarkan data observasi keaktifan siswa dalam pembelajaran dan hasil evaluasi belajar diketahui terjadi peningkatan hasil belajar siswa dari pra penelitian, siklus 1 sampai dengan siklus 2. Hasil belajar siswa menunjukkan hasil yang baik dibandingkan dari pembelajaran sebelumnya. Selain itu, penggunaan model pembelajaran kolaboratif dengan menggunakan media Google Docs dalam menulis cerpen dapat meningkatkan kualitas pembelajaran sehingga akan berakibat pada peningkatan hasil belajar siswa. Siswa juga semakin aktif dalam mengikuti proses pembelajaran yang dilakukan oleh peneliti pada mata pelajaran Bahasa Indonesia materi menulis cerita pendek pada siswa kelas IX.C SMP Negeri 230 Jakarta.
Simpulan penelitian ini penerapan Model Pembelajaran Kolaboratif dalam keterampilan menulis cerita pendek di kelas IX SMP Negeri 230 Jakarta terlaksana dengan efektif. Hal ini tampak pada aktivitas siswa yang meningkat keterampilannya dalam menulis cerpen pada Siklus 1 ke siklus 2. Hasil belajar siswa pun menunjukkan hasil yang baik dibandingkan dari pembelajaran sebelumnya. Hal itu disebabkan guru atau peneliti melaksanakan program perbaikan pembelajaran yang menerapkan model Pembelajaran Kolaboratif dengan menggunakan media Google Docs dalam menulis cerpen.
|