Abstrak  Kembali
Tesis ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan menulis puisi siswa kelas kelas 8A SMPN 233 Jakarta melalui pembelajaran metode reka cerita gambar dengan strategi double entry jurnal. Objek yang dikenai tindakan adalah 36 siswa pada tahun ajaran 2022/2023. Pengumpulan data kemampuan menulis puisi menggunakan metode observasi atau monitoring kelas, teknik wawancara serta tes untuk mengukur adanya peningkatan menulis puisi. Untuk reliabilitas penelitian dan data-data tentang pembelajaran menulis puisi yang merupakan obyek kajian dalam penelitian, dicapai dengan mengumpulkan dan membandingkan data atau informasi dari subjek yang terkait. Hasil penelitian menunjukkan: pertama secara proses, pembelajaran menulis puisi mengalami peningkatan. Sebelum implementasi tindakan, siswa kurang aktif dan antusias pada saat proses pembelajaran berlangsung dan kurang mengerti tugas yang diberikan oleh guru. Setelah implementasi tindakan, siswa aktif dan antusias pada saat mengikuti pembelajaran. Siswa sudah mandiri baik pada saat menulis puisi, menyunting, maupun pada saat mempublikasikan puisi hasil karya mereka . Kedua secara produk, dapat diketahui nilai rata-rata tes awal adalah 57,38, sedangkan nilai rata-rata pada akhir tindakan siklus I sebesar 70,56. Peningkatan nilai rata-rata tindakan siklus I dan akhir tindakan nilai siklus II adalah 7,93 diperoleh dari selisih rata-rata siklus I sebesar 70,56 dengan nilai rata-rata siklus II sebesar 78,49. Peningkatan dari pre-test sampai dengan akhir siklus II adalah 21,11 yaitu selisih dari nilai rata-rata pre-test 57,38 dengan nilai rata-rata siklus II sebesar 78,49. Peningkatan nilai rata-rata tertinggi diperoleh pada akhir siklus II. Berdasarkan uraian di atas dapat disimpulkan bahwa penerapan pembelajaran metode reka cerita gambar dengan strategi double entry jurnal dapat meningkatkan kemampuan menulis puisi siswa kelas 8A SMPN 233 Jakarta. Kata kunci: penelitian tindakan kelas, peningkatan kemampuan menulis puisi, reka cerita gambar, double entry jurnal.