Abstrak  Kembali
Penelitian ini bertujuan untuk menguji hubungan antara metode pembelajaran terhadap kemampuan menulis teks eksplanasi siswa kelas XI SMA Darunnajah, menguji hubungan antara penalaran terhadap kemampuan menulis teks eksplanasi siswa kelas XI SMA Darunnajah, Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas kelas XI SMA Darunnajah, berjumlah 60 siswa, Jadi sample dalam penelitian ini adalah 60 siswa. Hasil uji perbandingan menggambarkan bahwa kemampuan menulis teks eksplanasi siswa dikelas eksperimen yang belajar dengan model pembelajaran PBL dan penalaran lebih baik daripada siswa yang tidak diberikan perlakuan dikelas kontrol. Hal ini membuktikan hasil analisis empirik pada pengujian Qhitung= 7.77 > Qtabel= 2,96 dengan taraf signifikansi α (0,05). Berdasarkan hasil analisis varians dan uji pembanding, terhadap kedua kelompok tersebut dapat disimpulkan bahwa kemampuan menulis teks eksplanasi siswa lebih baik apabila belajar dengan model pembelajaran PBL daripada TBL dan penalaran. Berdasarkan hasil analisis di atas, maka nilai R2 terletak antara 0 – 1, dan kecocokan model dikatakan lebih baik kalau R2 semakin mendekati 1 artinya interaksi model pembelajaran dan minat baca berpengaruh terhadap kemampuan menulis teks eksplanasi.