Abstrak  Kembali
Penelitian ini bertujuan untuk untuk mengetahui dan mendeskripsikan muatan HOTS dalam instrumen penilaian keterampilan menyimak, membaca, menulis dan berbicara pada buku teks bahasa indonesia kelas X SMK/MAK tahun 2021 terbitan Erlangga. Metode yang digunakan adalah metode analisis deskriptif kualitatif, sumber data yang digunakan yaitu Buku Teks Bahasa Indonesia Kelas X SMK/MAK Tahun 2021, data yang digunakan adalah instrument penilaian keterampilan berbahasa sebanyak 6 bab materi menggunakan teknik dokumentasi. Hasil analisis deskriptif kualitatif mengungkapkan bahwa hasil analisis muatan HOTS dalam instrument penilaian keterampilan berbahasa pada buku teks Bahasa Indonesia kelas X SMK/MAK tahun 2021 terbitan Erlangga yaitu terdapat soal sebanyak 357 soal yang terdiri dari uji kemampuan diri, pilihan ganda, uraian, soal tipe AKM dan proyek mini. Peneliti menemukan instrument penilaian keterampilan berbahasa yang bermuatan HOTS kategori C4 aspek analisis sebanyak 108 soal, kategori C5 aspek mengevaluasi sebanyak 16 soal dan kategori C6 aspek mencipta sebanyak 30 soal. Total instrument penilaian keterampilan berbahasa yang bermuatan HOTS sebanyak 154 soal. Rincian daripada hasil temuan peneliti terdiri atas 4 hasil, yaitu muatan HOTS yang terdapat pada instrument penilaian keterampilan menyimak sesuai dengan kategorinya yaitu kategori C4 aspek analisis sebanyak 3 soal, kategori C5 aspek evaluasi sebanyak 1 soal dan kategori C6 aspek mencipta sebanyak 1 soal, dengan total persentase yaitu 3,25%. Lalu, muatan HOTS yang terdapat pada instrument penilaian keterampilan membaca sesuai dengan kategorinya yaitu kategori C4 aspek analisis sebanyak 79 soal, kategori C5 aspek evaluasi sebanyak 1 soal dan kategori C6 aspek mencipta tidak ditemukan, dengan total persentase 51,95%. Kemudian, muatan HOTS yang terdapat pada instrument penilaian keterampilan menulis sesuai dengan kategorinya yaitu kategori C4 aspek analisis sebanyak 26 soal, kategori C5 aspek evaluasi sebanyak 14 soal dan kategori C6 aspek mencipta sebanyak 19 soal, dengan total persentase 38,31%. Terakhir, muatan HOTS yang terdapat pada instrument penilaian keterampilan berbicara sesuai dengan kategorinya yaitu kategori C4 aspek analisis dan kategori C5 aspek evaluasi tidak ditemukan serta kategori C6 aspek mencipta sebanyak 10 soal, dengan total persentase 6,49%.