Abstrak  Kembali
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui terdapat atau tidaknya pengaruh yang signifikan antara model pembelajaran dan kreativitas terhadap keterampilan menulis poster siswa kelas VIII SMP Negeri 128 Jakarta. Pengambilan sampel dilakukan dengan menggunakan Teknik Simple Random Sampling dengan mengesampingkan strata yang ada pada populasi. Jumlah sampel diambil sebanyak 60 siswa yang akan dibagi menjadi kelas eksperimen dan kelas kontrol. Penelitian ini adalah penelitian eksperimen atau pengaruh, dengan pelaksanaannya menggunakan dua kelas eksperimen dan kontrol yang diberikan tes kreativitas dan pretest saat sebelum diberikan perlakuan dan posttest setelah diberikan perlakuan. Perlakuan yang diberikan berbeda, pada kelas eksperimen peneliti menggunakan Model Pembelajaran Project Based Learning berbasis Canva, sedangkan untuk kelas kontrol peneliti menggunakan Model Pembelajaran Concept Sentence pada pembelajaran Menulis Poster Siswa Kelas VIII SMP Negeri 128 Jakarta. Perthitungan menggunakan uji prasarat normalitas, homogenitas, dan hipotesis. Hasil perhitungan pada uji normalitas diperoleh data pada posttest sebesar 0,057 yang > data tabel 0,05 sehingga data berdistribusi normal dan perlu dilakukan uji lanjut untuk populasi yaitu homogenitas. Hasil uji homogenitas diperoleh data pada posttest sebesar 0,151 > data tabel 0,05 sehingga populasi dinyatakan homogen. Selanjutnya uji hipotesis dilakukan dan diperoleh data 0,183 > data tabel 0,05 sehingga H0 diterima dan H1 ditolak. Sehingga tidak terdapat pengaruh yang signifikan untuk Model Pembelajaran dan Kreativitas terhadap Keterampilan Menulis Poster Siswa Kelas VIII SMP Negeri 128 Jakarta. Namun, jika secara terpisah antara model pembelajaran dan kreativitas masing-masing memiliki pengaruh yang signifikan terhadap Keterampilan Menulis Poster Siswa Kelas VIII SMP Negeri 128 Jakarta.