esis ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh Co-creation dan Conversation terhadap Keputusan Pembelian mesin X-Ray pemindai di PT Dassindo Internusa Semesta. Hipotesis yang diuji adalah: (1) Terdapat pengaruh antara Co-creation terhadap Keputusan Pembelian mesin pemindai di PT Dassindo Internusa Semesta, (2) Terdapat pengaruh Conversation terhadap Keputusan Pembelian mesin pemindai di PT Dassindo Internusa Semesta, (3) Terdapat pengaruh Co-creation terhadap Conversation pada mesin pemindai di PT Dassindo Internusa Semesta.
Metode penelitian kuantitatif dengan Teknik analisis jalur menggunakan perangkat lunak SPSS 16.0. Teknik sampling yang digunakan adalah accidental sampling. Sampel yang digunakan adalah konsumen PT Dassindo Internusa Semesta.
Hasil penelitian ini berupa: Pertama, terdapat pengaruh signifikan Co-creation terhadap Keputusa Pembelian. Dari hasil pengolahan data, nilai signifikansi Co-creation (X1) sebesar 0,000 < 0,005. Sehingga dapat simpulkan bahwa secara langsung terdapat pengaruh signifikan Co-creation (X1) terhadap Keputusan Pembelian (X3). Kedua, terdapat pengaruh signifikan Conversation terhadapa keputusan pembelian, terkbukti secara signifikan Conversation mempengarui Keputusan Pembelian. Dari hasil pengolahan data, nilai signifikansi Conversation (X2) sebesar 0,000 < 0,005. Sehingga dapat dikatakan bahwa secara langsung terdapat pengaruh signifikan Conversation (X2) terhadap Conversation (X3). Ketiga, terdapat pengaruh signifikan Co-creation terhadap Conversation, terbuki secara signifikan bahwa Co-creation mempengaruhi Conversation. Pelanggan muncul karena kebutuhan atau keinginannya akan suatu mesin pemindai yang diberikan oleh perusahaan. Dari hasil pengolahan data, nilai signifikansi Conversation (X2) sebesar 0,000 < 0,005. Sehingga dapat dikatakan bahwa secara langsung terdapat pengaruh signifikan variabel Co- creation (X1) terhadap Conversation (X2).
|