Penelitian ini bertujuan untuk menemukan Pengaruh Model Pembelajaran
dan Motivasi Belajar Terhadap Hasil Belajar Bahasa Indonesia Siswa SMP Negeri
91 Jakarta pada semester 1 tahun ajaran 2021 – 2022. Model pembelajaran yang digunakan dalam penelitian ini adalah discovery learning dan picture and picture, serta motivasi belajar siswa. Dalam penelitian ini peneliti menggunakan dua kelompok penelitian, yaitu kelas eksperimen dan kelas kontrol. Populasi penelitian berjumlah 6 kelas dengan jumlah seluruh populasi 216 siswa. Pengambilan sampel dilakukan secara acak (puposite random sampling) dengan cara menggunakan gulungan kertas, kemudian diambil 2 kertas secara acak. Kelas VII-A dijadikan kelas eksperimen, VII-F dijadikan kelas kontrol. Peneliti memberikan pre-test (hasil pretest terlampir). Setelah itu, kelas eksperimen diberi perlakuan dengan menggunakan model pembelajaran discovery learning, sedangkan kelas kontrol diajar dengan menggunakan model pembelajaran picture and picture, setelah itu dilakukan post-test kepada kelas eksperimen dan kelas kontrol (data terlampir). Hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa terdapat perbedaan keterampilan menulis deskripsi antara siswa yang belajar dengan model discovery learing dan siswa yang belajar dengan model pembelajaran picture and picture di SMP Negeri 91 Jakarta. Hal tersebut terbukti dari sesudah perlakuan menunjukan mean kelas eksperimen (Model discovery learning) sebesar 83.70 dan mean kelas kontrol (picture and picture) sebesar 80.30. Serta terdapat perbedaan kemampuan menulis deskripsi dengan menggunakan model pembelajaran discovery learning dan picture and picture di SMP Negeri 91Jakarta pada kelompok siswa yang memiliki motivasi belajar tinggi. Nilai rata- rata keterampilan menulis deskripsi siswa dengan minat menulis tinggi di kelas
eksperimen sebesar 82.13dan rata-rata kemampuan menulis deskripsi siswa
dengan motivasi belajar tinggi dikelas kontrol sebesar 77.75. Tidak terdapat
pengaruh interaksi antara model pembelajaran discovery learning dan picture and picture serta motivasi belajar siswa terhadap kemampuan menulis deskripsi siswa di SMP Negeri 91 Jakarta. Hal tersebut dikarenakan peningkatan keterampilan menulis deskripsi siswa di SMP Negeri 91 Jakarta lebih dipengaruhi oleh metode pembelajaran discovery learning yang diberikan oleh guru dan motivasi belajar.
|