Abstrak  Kembali
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran dan kecerdasan emosional terhadap keterampilan menulis teks drama pada siswa kelas XI SMA BPS&K I Jakarta pada semester genap tahun ajaran 2022/2023. Metode penelitian yang digunakan adalah metode penelitian kuantitatif dengan desain penelitian Pretest-Postest Control Group Design dan teknik pengambilan sampel dengan simple random sampling. Populasi penelitian adalah peserta didik kelas XI SMA BPS&K I Jakarta. Sampel penelitian yang digunakan adalah peserta didik kelas XI sebanyak dua kelas dari enam kelas yang ada dengan peserta didik berjumlah 71 dari total keseluruhan 324 peserta didik. Kelas yang menjadi sampel terbagi menjadi kelas eksperimen (XI IPS 5) yang berjumlah 35 dan kelas kontrol (XI IPS 4) yang berjumlah 30. Sebanyak enam peserta didik tidak dijadikan sampel penelitian sebab tidak hadir pada saat penelitian dan tidak memenuhi kriteria penilaian yang telah ditetapkan peneliti. Hasil uji validitas pearson kelas kontrol diketahui Rtabel dalam taraf signifikansi 5% dengan sampel 30 sebesar 0,361 dan perhitungan reliabilitas Cronbach alfa kecerdasan emosional 0,840>0,6. Sementara hasil uji validitas pearson kelas eksperimen diketahui Rtabel dalam taraf signifikansi 5% dengan sampel 35 sebesar 0,334 dan perhitungan reliabilitas Cronbach alfa kecerdasan emosional 0,831>0,6. Hasil uji normalitas lilliefors data tunggal berdistribusi normal. Dibuktikan dari perhitungan data kelas kontrol (postes) diperoleh nilai Lhitung = 0,1454 sedangkan nilai Ltabel = 0,161 yang menunjukkan bahwa Lhitung < Ltabel dan data kelas eksperimen (postes) diperoleh nilai Lhitung = 0,130742857 sedangkan nilai Ltabel = 0,149 yang menunjukkan bahwa Lhitung < Ltabel. Hasil uji homogenitas fisher kesamaan dua variabel yang homogen. Dibuktikan dari perhitungan homogenitas varians (postes) diperoleh nilai Fhitung = 1,150638298 sedangkan nilai Ftabel = 1,80 menunjukkan bahwa Fhitung < Ftabel maka Ho diterima H1 ditolak. Jadi, dapat disimpulkan bahwa data memiliki varians yang homogen. Hasil uji hipotesis menggunakan uji-t diterima. Dibuktikan dari perhitungan, diperoleh nilai thitung = 3,207051616 sedangkan nilai ttabel = 1,998341 menunjukkan bahwa thitung > ttabel maka Ho ditolak dan H1 diterima. Jadi, dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh model pembelajaran dan kecerdasan emosional terhadap keterampilan menulis teks drama pada siswa kelas XI SMA BPS&K I Jakarta. dengan tingkat pengaruh tergolong sedang karena diperoleh hasil effect size 0,2 < 0,769230769 < 0,8.