Tesis ini bertujuan untuk mengetahui ada tidaknya pengaruh metode
pembelajaran dengan penguasaan kalimat langsung terhadap kemampuan
menulis teks fabel siswa kelas VII di SMP Negeri 205 Jakarta Barat.
Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah eksperimen dengan
metode kuantitatif. Metode eksperimen dengan menggunakan dua
kelompok sampel yaitu siswa yang belajar dengan menggunakan model
pembelajaran Project Based Learning (PBL) dan siswa yang belajar
menggunakan model pembelajaran Inquiry Learning (IL). Hal tersebut
terbukti dari sesudah perlakuan dari populasi penelitian berjumlah 60
orang siswa dan 30 orang siswa kelas VII-A sebagai kelas eksperimen dan
30 orang siswa kelas VII-B sebagai kelas kontrol. Hasil penelitian ini
dapat disimpulkan bahwa terdapat perbedaan kemampuan menulis teks
fabel antar siswa yang belajar dengan model Project Based Learning
(PBL) dan siswa yang belajar dengan model pembelajaran Inquiry
Learning (IL) di SMP Negeri 205 Jakarta Barat. Hal tersebut terbukti dari
sesudah perlakuan menunjukkan mean kelas eksperimen (model Project
Based Learning) sebesar 76,16 dan mean kelas kontrol (model Inquiry
Learning) sebesar 62,16. Serta terdapat perbedaan terhadap kemampuan
menulis teks fabel dengan menggunakan model pembelajaran Project
Based Learning dan Inquiry Learning di SMP Negeri 205 Jakarta Barat
pada kelompok siswa yang memiliki penguasaan kalimat langsung tinggi.
Nilai rata-rata kemampuan menulis teks fabel siswa dengan penguasaan
kalimat langsung tinggi di kelas eksperimen sebesar 90 dan rata-rata
kemampuan menulis teks fabel siswa dengan penguasaan kalimat
langsung tinggi di kelas kontrol sebesar 79. Tidak terdapat pegaruh
interaksi antara model pembelajaran Project Based Learning dan Inquiry
Learning dan penguasaan kalimat langsung siswa terhadap kemampuan
menulis teks fabel siswa di SMP Negeri 205 Jakarta. Hal tersebut
dikarenakan peningkatan kemampuan menulis teks fabel siswa lebih
dipengaruhi oleh metode pembelajaran Project Based Learning yang
diberikan oleh guru dan penguasaan kalimat langsung. Diharapkan guru
dapat lebih aktif lagi dalam menerapkan model pembelajaran pada siswa.
|