Abstrak  Kembali
Tesis ini bertujuan untuk membuktikan efektivitas media gambar seri dalam meningkatkan keterampilan menulis pada siswa kelas IV SD Negeri Pantai Makmur 02 Kecamatan Babelan Kabupaten Bekasi. Metode yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas dengan dua siklus. Penelitian ini menggunakan dua teknik pengumpulan data, yaitu teknik tes dan nontes. Teknik tes digunakan untuk mengetahui perhitungan dari masing-masing siklus kemudian dibandingkan, yaitu antara hasil siklus I dengan hasil siklus II. Hasil ini akan memberikan gambaran mengenai persentase peningkatan keterampilan menulis narasi melalui media gambar seri, sedangkan teknik nontes yang digunakan adalah melalui observasi, wawancara, jurnal, dan dokumentasi foto. Teknik analisis data dilakukan secara kuantitatif dan kualitatif. Teknik kuantitatif dipakai untuk menganalisis data kuantitatif yang diperoleh dari hasil tes menulis karangan narasi pada siklus I dan II. Hasil penelitian ini dapat dijelaskan sebagai berikut. Keterampilan menulis narasi pada siswa kelas IV SD Negeri meningkat setelah menggunakan media gambar seri. Rata-rata skor pada siklus II menunjukan peningkatan dibandingkan dengan rata-rata skor pada siklus I, yaitu 66,54 menjadi 78,59 pada siklus II atau sebesar 12,05 (18,11%). Peningkatan tersebut cukupsignifikan, lebih dari 50% siswa dapat mencapai KKM sebesar 70. Perubahan perilaku yang positif tampak dalam pembelajaran menulis karangan narasi dengan menggunakan media gambar seri.