Menulis resensi adalah tulisan ilmiah yang membahas isi sebuah buku, termasuk kelemahan dan keunggulannya untuk diberitahukan kepada pembaca
tentang buku atau ulasan buku. Penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk
mengetahui Pengaruh Metode Pembelajaran (metode pembelajaran project based learning dan metode pembelajaran mulitliterasi) Dan Minat Menulis Terhadap Kemampuan Menulis Resensi Siswa Kelas VIII SMP. Penelitian dilaksanakan di SMP Daaruttaqwa Kabupaten Bogor. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah eksperiman dengan Design Factoria 2x2. Hasil penelitian yaitu : (1) Hasil Kemampuan menulis resensi siswa menggunakan dengan menggunakan metode pembelajaran Project Based Learning dengan nilai Lo = 0,3129 sedangkan Lt = 0,323 pada taraf signifikan α = 0,05. (2) metode pembelajaran Multiliterasi juga akan mempengaruhi Kemampuan menulis resensi siswa. Hal ini dibuktikan nilai signifikansi p sebesar 0,829. Karena nilai signifikansi p sebesar 0,829 < 0,05; (3) hasil perhitungan uji normalitas data hasil Minat menulis dalam mempengaruhi kemampuan menulis resensi metode dengan nilai Lo = 0,321 sedangkan Lt = 0,323 pada taraf signifikan α = 0,05. Dari hasil tersebut dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh Metode Pembelajaran (metode pembelajaran Project Based Learning dan metode pembelajaran mulitliterasi) dan Minat Menulis Terhadap Kemampuan Menulis Resensi Siswa Kelas VIII SMP Daaruttaqwa Bogor.
|