Abstrak  Kembali
Penelitian ini bertujuan untuk mempelajari pengaruh media pembelajaran youtube dan motivasi belajar terhadap keterampilan bercerita siswa. Penelitian ini merupakan pnenelitian kuantitatif dengan metode studi deskriptif survai, Hipotesis yang diuji adalah (1) Terdapat pengaruh langsung pembelajaran media youtube erhadap keterampilan bercerita, (2)Terdapat pengaruh langsung motivasi belajar terhadap keterampilan bercerita. (3) Terdapat pengaruh langsung pembelajaran media youtube terhadap penilaian motivasi belajar. Responden penelitian adalah siswa kelas II A, II B, dan II C SD Islam Ruhama Cirendeu Ciputat Kota Tangerang Selatan, berjumlah 78 anak, teknik pengambilan sampel yaitu populasi sekaligus sebagai sampel. Data uji coba instrumen penelitian dianalisis menggunakan program SPSS. Data penelitian dianalisis menggunakan teknik korelasi dan regresi. Hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa pertama, terdapat pengaruh langsung dan signifikan pembelajaran media youtibe (X1) terhadap keterampilan bercerita (Y) dengan persamaan regresi terlihat Y = 11.199 + -0140777 X1 , koefisien determinasi sebesar 52 %, dan koefisien korelasi (r13) sebesar 0,720 pada taraf α = 0,05. Kedua, terdapat pengaruh langsung dan signifikan motivasi belajar (X2) terhadap keterampilan bercerita (Y) dengan persamaan regresi Y = 2,530016 + 0,9321 X2 , koefisien determinasi sebesar 0,52 atau 52%, dan koefisien korelasi (r23) sebesar 0,72 pada taraf α = 0,05. Ketiga, terdapat pengaruh langsung dan signifikan pembelajaran media youtube (X1) terhadap motivasi belajar (X2), dengan persamaan regresi Ẍ2 = 9,500 + 0,231 X1, koefisien determinasi sebesar 0,98 atau 98% dan koefisien korelasi (r12) sebesar 0,98 pada taraf α = 0,05. Dengan besarnya koefisien korelasi antara 0,72 sampai 0,98 atau mencapai 72% sd. 98% menunjukkan hasil penelitian ini memiliki implikasi kepada berbagai pihak yaitu berimplikasi kepada sekolah, guru, dan siswa dalam memanfaatkan media youtube dan motivasi belajar untuk meningkatkan keterampilan bercerita siswa kelas II SD Islam Ruhama. Implikasi bagi sekolah yaitu hendaknya menyediakan sarana internet yang memadai bagi penggunaan media youtube dalam pembelajaran. Implikasi bagi guru yaitu hendaknya meningkatkan pengetahuan dan keterampilan mengajar menggunakan media youtube. Implikasi bagi siswa yaitu mereka dapat belajar mengunakan media youtube di sekolah dan di rumah.