Penelitian ini bertujuan untuk mempelajari pengaruh media pembelajaran
youtube dan motivasi belajar terhadap keterampilan bercerita siswa. Penelitian
ini merupakan pnenelitian kuantitatif dengan metode studi deskriptif survai,
Hipotesis yang diuji adalah (1) Terdapat pengaruh langsung pembelajaran media
youtube erhadap keterampilan bercerita, (2)Terdapat pengaruh langsung motivasi
belajar terhadap keterampilan bercerita. (3) Terdapat pengaruh langsung
pembelajaran media youtube terhadap penilaian motivasi belajar. Responden
penelitian adalah siswa kelas II A, II B, dan II C SD Islam Ruhama Cirendeu
Ciputat Kota Tangerang Selatan, berjumlah 78 anak, teknik pengambilan sampel
yaitu populasi sekaligus sebagai sampel. Data uji coba instrumen penelitian
dianalisis menggunakan program SPSS. Data penelitian dianalisis menggunakan
teknik korelasi dan regresi.
Hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa pertama, terdapat pengaruh
langsung dan signifikan pembelajaran media youtibe (X1) terhadap keterampilan
bercerita (Y) dengan persamaan regresi terlihat Y = 11.199 + -0140777 X1 ,
koefisien determinasi sebesar 52 %, dan koefisien korelasi (r13) sebesar 0,720
pada taraf α = 0,05. Kedua, terdapat pengaruh langsung dan signifikan motivasi
belajar (X2) terhadap keterampilan bercerita (Y) dengan persamaan regresi Y =
2,530016 + 0,9321 X2 , koefisien determinasi sebesar 0,52 atau 52%, dan koefisien
korelasi (r23) sebesar 0,72 pada taraf α = 0,05. Ketiga, terdapat pengaruh langsung
dan signifikan pembelajaran media youtube (X1) terhadap motivasi belajar (X2),
dengan persamaan regresi Ẍ2 = 9,500 + 0,231 X1, koefisien determinasi sebesar
0,98 atau 98% dan koefisien korelasi (r12) sebesar 0,98 pada taraf α = 0,05.
Dengan besarnya koefisien korelasi antara 0,72 sampai 0,98 atau mencapai
72% sd. 98% menunjukkan hasil penelitian ini memiliki implikasi kepada
berbagai pihak yaitu berimplikasi kepada sekolah, guru, dan siswa dalam
memanfaatkan media youtube dan motivasi belajar untuk meningkatkan
keterampilan bercerita siswa kelas II SD Islam Ruhama. Implikasi bagi sekolah
yaitu hendaknya menyediakan sarana internet yang memadai bagi penggunaan
media youtube dalam pembelajaran. Implikasi bagi guru yaitu hendaknya
meningkatkan pengetahuan dan keterampilan mengajar menggunakan media
youtube. Implikasi bagi siswa yaitu mereka dapat belajar mengunakan media
youtube di sekolah dan di rumah.
|