| 
      berdasarkan hasil survei online yang dilakukan iPsos pada tahun 2021 terhadap 1000 sampel, dihasilkan bahwa Shopee adalah merek yang paling sering digunakan, Shopee adalah platform e-commerce yang paling banyak diingat dan jumlah transaksi Shopee memiliki presentase tertinggi. Hal ini menunjukkan bahwa Shopee memiliki banyak pelanggan yang loyal. Selain itu Shopee juga memiliki program loyalitas atau Shopee Loyalty untuk mempertahankan pelanggannya. Kemudian diikuti juga oleh data hasil SurveySenSum bahwa 42% pengguna marketplca di Indonesia masih sering berpindah – pindah antar marketplace.
Sehingga, masalah dari penelitian ini adalah apakah brand positioning dan brand identity berpengaruh terhadap loyalitas pelanggan Shopee dengan Shopee Loyalty Program sebagai variabel interveningnya. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui dan menganalisis pengaruh brand positioning dan brand identity berpengaruh terhadap loyalitas pelanggan Shopee dengan Shopee Loyalty Program sebagai variabel intervening. 
Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan metode survei berupa kuisioner yang disebar melalui google form kepada responden dari seluruh karyawan PT Mega Giga Solusindo dengan jumlah responden sebanyak 40 orang. Teknik analisis data yang digunakan adalah metode analisis jalur menggunakan data primer atau data hasil dari kuisioner. 
     |