Abstrak  Kembali
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui validitas logis dalam buku teks Bahasa Indonesia Kelas X Karya Yadi Mulyadi dan Heni Rohaeni Terbitan Yrama Widya yang di dalamnya terdiri dari validitas isi dan validitas konstruk. Validitas isi terdiri dari Kompetensi Dasar dan Indikator Capaian dan Validitas Konstruk terdiri dari aspek Kesusastraan, Kebahasaan, dan Keterampilan Berbahasa (Keterampilan Membaca dan Keterampilan Menulis). Metode yang digunakan adalah metode analisis, sumber data yang digunakan yaitu buku teks Bahasa Indonesia Kelas X Karya Yadi Mulyadi dan Heni Rohaeni Terbitan Yrama Widya, data yang digunakan adalah butir soal atau alat evaluasi berupa pilihan ganda dan esai pada akhir BAB, yang terdiri atas 10 soal pilihan ganda dan 10 soal esai dengan total 80 soal pilihan ganda dan 80 soal esai dengan menggunakan teknik dokumentasi. Hasil analisis mengungkapkan bahwa soal dalam buku teks Bahasa Indonesia Kelas X Karya Yadi Mulyadi dan Heni Rohaeni Terbitan Yrama Widya yang ditinjau dari aspek validitas logis yang di dalamnya terdapat validitas isi dan validitas konstruk dikatakan valid. Karena seluruh soal dalam buku teks tersebut sudah valid jika ditinjau dari validitas isi yang di dalamnya terdapat Kompetensi Dasar dan Indikator Capaian serta validitas konstruk yang di dalamnya memuat aspek kesusastraan, kebahasaan, keterampilan membaca dan keterampilan menulis, dengan jumlah soal kebahasaan 30 soal dengan pesentase kebahasaan 12%, soal kesusastraan 30 soal dengan presentase kesusastraan 12%, soal keterampilan 104 soal dengan presentase keterampilan membaca 39%, serta soal keterampialn menulis 90 soal dengan presentase keterampilan menulis 37%. Manfaat penelitian ini untuk memberikan panduan kepada akademisi terkait keilmuan evaluasi dan validitas logis.