Abstrak  Kembali
Penelitian ini bertujuan untuk : (1) mengetahui tingkat keterbacaan 10 cerpen yang ada dalam buku Malaikat Penjaga Rel dengan menganalisis kriteria keterbacaan dan mengonfirmasi tingkat keterbacaannya dengan menggunakan grafik Fry, (2) mengetahui kriteria keterbacaan 10 cerpen yang ada dalam buku Malaikat Penjaga Rel, yang meliputi : kejelasan bahasa, kejelasan tema, kejelasan plot, kejelasan perwatakan, kejelasan latar, dan kejelasan pusat pengisahan (sudut pandang), (3) mengembangkan bahan ajar membaca untuk siswa SD. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif, Hasil penelitian menunjukkan bahwa Dari kriteria keterbacaan cerpen, diketahui bahwa kesepuluh cerpen sesuai untuk anak kelas tinggi sekolah dasar. Sedangkan dari hasil perbandingan antara analisa kriteria keterbacaan cerpen dengan perhitungan grafik Fry didapati bahwa ada 7 cerpen yang hasilnya sama, yaitu sesuai untuk anak kelas tinggi sekolah dasar. Tiga lainnya diketahui sesuai untuk anak kelas 7 dan 8. Namun dari kriteria keterbacaan cerpen, sesungguhnya ketiga cerpen tersebut masih dapat dinikmati oleh anak kelas tinggi sekolah dasar. Khususnya untuk memberikan tantangan melalui wacana yang memiliki lebih banyak kalimat kompleks dan kosakata yang lebih kaya.