Abstrak  Kembali
Tesis ini bertujuan untuk menganalisis strategi sosial media marketing dalam meningkatkan daya saing di era new normal dengan studi kasus dilakukan pada UMKM toko grosir Rumah Serba Ada yang berada di kota Depok. Metodologi penelitian menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif, dengan teknik analisis SWOT (Strenght, Weakness, Opportunity and Threat) dan 4 P (Produk, Promotion, Price, Place) dalam meningkatkan daya saing. Teknik pengumpulan data melalui wawancara dan dokumentasi. Lokasi penelitian di Toko Grosir Rumah Serba Ada Kota Depok. Hasil penelitian adalah: 1) Toko Grosir RSA telah melakukan pemasaran menggunakan social media, akan tetapi belum secara maksimal dengan menyusun strategi dan memanfaatkan fitur media social; 2) Strategi pemasaran media social yang dilakukan oleh Toko Grosir Rumah Serba Ada (RSA) adalah: a) Dapat meningkatkan mutu dan kualitas pelayanan Toko Grosir RSA; b) Mempertahankan harga dan ketersediaan produk yang ada dengan berusaha untuk melengkapi produk yang ada untuk memenuhi kebutuhan konsumen; c) Membuat Standard Operation Procedure (SOP) pengelolaan produk dan media social; d) Menggunakan fitur media social dan iklan berbayar untuk meningkatkan engagement, cara ini juga efektif untuk menjangkau pelanggan baru; e) Melakukan penjadwalan unggah konten social media secara rutin agar promosi produk tidak mudah tertutupi oleh konten-konten lain, sehingga pelanggan atau calon pelanggan akan terbiasa melihat promosi produk, dan bisa jadi memunculkan minat beli secara tidak langsung.