Tesis ini bertujuan untuk menganalisis strategi sosial media marketing dalam
meningkatkan daya saing di era new normal dengan studi kasus dilakukan pada
UMKM toko grosir Rumah Serba Ada yang berada di kota Depok.
Metodologi penelitian menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif, dengan
teknik analisis SWOT (Strenght, Weakness, Opportunity and Threat) dan 4 P
(Produk, Promotion, Price, Place) dalam meningkatkan daya saing. Teknik
pengumpulan data melalui wawancara dan dokumentasi. Lokasi penelitian di Toko
Grosir Rumah Serba Ada Kota Depok.
Hasil penelitian adalah: 1) Toko Grosir RSA telah melakukan pemasaran
menggunakan social media, akan tetapi belum secara maksimal dengan menyusun
strategi dan memanfaatkan fitur media social; 2) Strategi pemasaran media social
yang dilakukan oleh Toko Grosir Rumah Serba Ada (RSA) adalah: a) Dapat
meningkatkan mutu dan kualitas pelayanan Toko Grosir RSA; b) Mempertahankan
harga dan ketersediaan produk yang ada dengan berusaha untuk melengkapi produk
yang ada untuk memenuhi kebutuhan konsumen; c) Membuat Standard Operation
Procedure (SOP) pengelolaan produk dan media social; d) Menggunakan fitur media
social dan iklan berbayar untuk meningkatkan engagement, cara ini juga efektif
untuk menjangkau pelanggan baru; e) Melakukan penjadwalan unggah konten social
media secara rutin agar promosi produk tidak mudah tertutupi oleh konten-konten
lain, sehingga pelanggan atau calon pelanggan akan terbiasa melihat promosi produk,
dan bisa jadi memunculkan minat beli secara tidak langsung.
|