Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis dan mengetahui pengaruh
kualitas layanan, kepercayaan konsumen dan komunikasi word of mouth terhadap
keputusan pembelian pada PT Mina Darussalam Mandiri Tour. Metode yang
digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif – verifikatif dan sampel yang
digunakan adalah non-probably sampling dengan jumlah responden sebanyak
104. Analisis penelitian menggunakan analisis regresi linier berganda, pearson
korelasi, uji asumsi klasik, koefisien determinasi dan pengujian hipotesis
penelitian menggunakan Uji-t dan Uji-F dengan perangkat software SPSS versi
26. Hasil uji-t yang didapatkan pada penelitian adalah : kualitas layanan (X1) =
nilai signifikansi (0,000 < 0,05) dan t hitung 6, 274 > t tabel 1,984 sehingga
berpengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian (Y), kepercayaan
konsumen (X2) = nilai signifikansi (0,297 > 0,05) dan t hitung 1,049 < t tabel
1,984 tidak berpengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian (Y), dan word
of mouth (X3) = nilai signifikansi (0,000 < 0,05) dan t hitung 12, 058 > t tabel
1,984 berpengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian (Y). Adapun hasil uji
simultan (uji-F) menunjukkan nilai signifikansi 0,000 < 0,05 dan F hitung 107,159
> F tabel 2,69 menunjukkan keseluruhan variabel bebas (kualitas layanan,
kepercayaan konsumen dan word of mouth) berpengaruh signifikan secara
simultan terhadap variabel terikat (keputusan pembelian) paket perjalanan umrah
pada PT Mina Darussalam Mandiri Tour.
|