Tesis ini bertujuan untuk menemukan, membedah dan mendeskripsikan Inovasi
Model Bisnis yang pada saat ini di aplikasikan oleh para pelaku usaha UMKM
sector food and beverages pada kecamatan Duren Sawit Jakarta Timur dalam
usahanya untuk dapat mempertahankan ekonomi pada kondisi pandemi Covid-19.
Penelitian ini juga menjabarkan dampak-dampak pandemic Covid-19 terhadap
pergerakan ekonomi kegiatan operasional bisnis, serta melihat perspektif customer
khususnya kepada masyarakat sekitaran JL. Lingkar Duren Sawit Jakarta Timur.
Metode penelitian dilakukan dengan pendekatan deskriptif kualitatif melalui
pengolahan data hasil wawancara terhadap responden yang berasal dari Pelaku dan
Pemilik usaha bisnis serta Customer yang terdapat pada Jl. Lingkar Duren Sawit
Jakarta Timur. Tahapan metode penelitan disesuaikan dengan hasil analisa
penelitan yang terukur pada periode yang sudah ditentukan. Penelitian dilakukan
untuk menemukan fakta di lapangan terkait seperti apa strategi, inovasi bisnis dan
model bisnis yang di terapkan oleh para pelaku usaha, melalui pengumpulan data
dari sumber primer dan sekunder. Instrumen pengumpulan data yang digunakan
oleh peneliti dengan wawancara, studi dokumen dan observasi. Penelitian ini
disimpulkan bahwa dari penggunaan model bisnis marketplace yang berkolaborasi
dengan penyedia jasa e-commerce ditambah dengan strategi bisnis dorong dan
Tarik (Push and Pull) esensi strategi ini adalah untuk memberikan kesan pertama
(Hallo Effect) yang baik kepada pelanggan melalui entertainment dan media
promosi lalu penggunaan pendekatan user-based approach yang mendorong
penjual terus mempertahankan kualitas rasa dan konsisten dalam menghasilkan
produksi makanan dengan kualitas terbaik. Seluruh rangkaian perencanaan dan
perubahan rancangan bisnis di atas adalah bagian dari dinamika perjalanan bisnis
yang terbukti dapat digunakan dan efektif demi sebuah tujuan tercapainya
kestabilan ekonomi pada masa pandemi Covid-19, serta terbentuknya kesejahteraan
pelaku usaha UMKM yang mandiri kuat dan mampu memiliki daya saing tinggi,
serta siap memperluas pasar nasional maupun internasional.
|