Abstrak  Kembali
Tesis ini bertujuan untuk menemukan, membedah dan mendeskripsikan Inovasi Model Bisnis yang pada saat ini di aplikasikan oleh para pelaku usaha UMKM sector food and beverages pada kecamatan Duren Sawit Jakarta Timur dalam usahanya untuk dapat mempertahankan ekonomi pada kondisi pandemi Covid-19. Penelitian ini juga menjabarkan dampak-dampak pandemic Covid-19 terhadap pergerakan ekonomi kegiatan operasional bisnis, serta melihat perspektif customer khususnya kepada masyarakat sekitaran JL. Lingkar Duren Sawit Jakarta Timur. Metode penelitian dilakukan dengan pendekatan deskriptif kualitatif melalui pengolahan data hasil wawancara terhadap responden yang berasal dari Pelaku dan Pemilik usaha bisnis serta Customer yang terdapat pada Jl. Lingkar Duren Sawit Jakarta Timur. Tahapan metode penelitan disesuaikan dengan hasil analisa penelitan yang terukur pada periode yang sudah ditentukan. Penelitian dilakukan untuk menemukan fakta di lapangan terkait seperti apa strategi, inovasi bisnis dan model bisnis yang di terapkan oleh para pelaku usaha, melalui pengumpulan data dari sumber primer dan sekunder. Instrumen pengumpulan data yang digunakan oleh peneliti dengan wawancara, studi dokumen dan observasi. Penelitian ini disimpulkan bahwa dari penggunaan model bisnis marketplace yang berkolaborasi dengan penyedia jasa e-commerce ditambah dengan strategi bisnis dorong dan Tarik (Push and Pull) esensi strategi ini adalah untuk memberikan kesan pertama (Hallo Effect) yang baik kepada pelanggan melalui entertainment dan media promosi lalu penggunaan pendekatan user-based approach yang mendorong penjual terus mempertahankan kualitas rasa dan konsisten dalam menghasilkan produksi makanan dengan kualitas terbaik. Seluruh rangkaian perencanaan dan perubahan rancangan bisnis di atas adalah bagian dari dinamika perjalanan bisnis yang terbukti dapat digunakan dan efektif demi sebuah tujuan tercapainya kestabilan ekonomi pada masa pandemi Covid-19, serta terbentuknya kesejahteraan pelaku usaha UMKM yang mandiri kuat dan mampu memiliki daya saing tinggi, serta siap memperluas pasar nasional maupun internasional.