Abstrak  Kembali
Pascasarjana UHAMKA, 2024. Penelitian ini bertujuan: Untuk mengetahui perbedaan persepsi Siswa dalam kemampuan berfikir reflektif siswa antara yang menggunakan media bintang magnet dan siswa yang tidak menggunakan media bintang magnet. Untuk mengetahui perbedaan persepsi Siswa dalam kemampuan berfikir reflektif antara siswa hasil belajar matematika tinggi dan siswa hasil belajar matematika rendah. Untuk mengetahui pengaruh interaksi antara penggunaan media bintang magnet dan hasil belajar matematika terhadap Persepsi Siswa dalam kemampuan berfikir reflektif. Metode penelitian yang digunakan deskriptif kuantitatif, Menurut Sugiyono (2018:20) analisis penelitian deskriptif kuantitatif digunakan untuk menganalisa data dengan cara mendeskripsikan atau menggambarkan data yang terkumpul sebagaimana adanya tanpa bermaksud membuat kesimpulan yang berlaku untuk umum atau generalisasi. Populasi dalam penelitian ini ada siswa kelas VIII C dan VIII H SMPN 11 Jakarta tahun ajaran 2023/2024. Sampel penelitian diambil dengan proposvie random sampling dari seluruh siswa kelas VIII C sebanyak 35 siswa yang terdiri dari 17 orang laki-laki dan 18 orang perempuan sebagai kelas kontrol dan kelas VIII H sebanyak 36 siswa yang terdiri dari 16 orang laki-laki dan 20 orang perempuan sebagai kelas eksperimen SMPN 11 Jakarta, yang terdaftar pada semester ganjil tahun ajaran 2023/2024. Hipotesis 1: Terdapat perbedaan kemampuan berfikir reflektif antara siswa yang menggunakan media bintang magnet dan siswa yang tidak menggunakan media bintang magnet. H2 Terdapat perbedaan persepsi siswa dalam kemampuan berfikir reflektif antara siswa hasil belajar matematika tinggi dan siswa hasil belajar matematika rendah. H3 Terdapat pengaruh interaksi antara menggunakan media bintang magnet dan hasil belajar matematika terhadap persepsi siswa dalam kemampuan berfikir reflektif. Hasil penelitian: H1 tidak terdapat perbedaan yang signifikan persepsi Siswa dalam kemampuan berfikir reflektif antara siswa yang menggunakan media bintang magnet dan siswa yang tidak menggunakan penggunaan media bintang magnet pada siswa siswa kelas VIII SMPN 11 Jakarta tahun ajaran 2023/2024. Hal ini dapat dilihat dengan nilai sig 0,496 > 0.05. H2 tidak terdapat perbedaan yang signifikan persepsi siswa dalam kemampuan berfikir reflektif antara siswa hasil belajar matematika tinggi dan siswa hasil belajar matematika rendah pada siswa siswa kelas VIII SMPN 11 Jakarta tahun ajaran 2023/2024. Hal ini dapat dilihat dengan nilai sig 0,300 > 0.05. H3 Tidak ada pengaruh interaksi antara penggunaan media bintang magnet dan kemampuan awal matematika terhadap persepsi siswa dalam kemampuan berfikir reflektif pada siswa siswa kelas VIII SMPN 11 Jakarta tahun ajaran 2023/2024. Hal ini dapat dilihat pada nilai sig sebesar 0,794 > 0,05.