Abstrak  Kembali
selfefficacy, dan literasi matematika disekolah menengah atas. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kuantitatif dengan pendekatan analisis jalur. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas XI di wilayah JABODETABEK yang berjumlah 900 peserta didik tahun ajaran 2023/2024. Sampel penelitian berjumlah 100 peserta didik ditentukan menggunakan rumus slovin. Pengambilan sampel dilakukan secara acak/random. Dari hasil penelitian ditemukan bahwa kecemasan matematika memiliki pengaruh langsung terhadap selfefficacy sebesar 7,8% sisanya dipengaruhi oleh faktor lain diluar penelitian ini. Kecemasan matematika memiliki pengaruh langsung terhadap literasi matematika sebesar 4,9% sisanya dipengaruhi oleh faktor lain diluar penelitian ini. Self-efficacy tidak memiliki pengaruh langsung terhadap literasi matematika karena menghasilkan koefisien jalur sebesar -0,114 sehingga faktor yang dipakai dalam penelitian ini tidak memiliki pengaruh. Hal ini dapat disimpulkan bahwa kecemasan matematika memiliki pengaruh langsung terhadap self-efficacy dan juga literasi matematika