selfefficacy,
dan literasi matematika disekolah menengah atas. Metode yang digunakan dalam
penelitian ini adalah metode kuantitatif dengan pendekatan analisis jalur. Populasi dalam
penelitian ini adalah siswa kelas XI di wilayah JABODETABEK yang berjumlah 900 peserta
didik tahun ajaran 2023/2024. Sampel penelitian berjumlah 100 peserta didik ditentukan
menggunakan rumus slovin. Pengambilan sampel dilakukan secara acak/random. Dari hasil
penelitian ditemukan bahwa kecemasan matematika memiliki pengaruh langsung terhadap selfefficacy
sebesar 7,8% sisanya dipengaruhi oleh faktor lain diluar penelitian ini. Kecemasan
matematika memiliki pengaruh langsung terhadap literasi matematika sebesar 4,9% sisanya
dipengaruhi oleh faktor lain diluar penelitian ini. Self-efficacy tidak memiliki pengaruh langsung
terhadap literasi matematika karena menghasilkan koefisien jalur sebesar -0,114 sehingga faktor
yang dipakai dalam penelitian ini tidak memiliki pengaruh. Hal ini dapat disimpulkan bahwa
kecemasan matematika memiliki pengaruh langsung terhadap self-efficacy dan juga literasi
matematika
|